Download Buku Akidah Akhlak Guru Siswa K13 Kelas 9

- Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak kelas 9 Kurikulum 2013 merupakan panduan bagi guru dan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dikelas. meskipun dalam pelaksanaannya seorang guru melakukan pengembangan-pengembangan materi dan siswa menanyakan hal-hal yang terjadi disekitar mereka.

Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah memiliki karakteristik sebagai berikut: Akidah Akhlak menekankan pada kemampuan memahami keimanan dan keyakinan Islam sehingga memiliki keyakinan yang kokoh dan bisa mempertahankan keyakinan/keimanannya serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk menerapkan dan menghiasi diri dengan adab terpuji (mahmudah) dan menjauhi serta menghindarkan diri dari budbahasa tercela (madzmumah) dalam kehidupan sehari-hari.

Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari iktikad dan susila yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. 


Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari rukun iman, mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, sampai iman kepada Qadha dan Qadar. Semua pengetahuan ini dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli.


Pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna ditandai dengan kemampuan memperlihatkan ciri-ciri/gejala perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan adab terpuji dan menghindari sopan santun tercela dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam menawarkan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk adaptasi untuk melaksanakan sopan santun terpuji dan menghindari watak tercela dalam kehidupan sehari-hari. 


Alakhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh penerima didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi imbas negatif dari periode globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia. 

Tujuan Mata pelajaran Akidah-Akhlak
  1. Menumbuhkembangkan doktrin melalui pinjaman, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, adaptasi, serta pengalaman penerima didik ihwal keyakinan Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari watak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari pedoman dan nilai-nilai dogma Islam.

Ruang Lingkup Mata Pelajaran Akidah-Akhlak 

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah mencakup:
  1. Aspek iman terdiri dari; dasar dan tujuan iman Islam, sifat-sifat Allah, al-asma’ al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qadha-Qadar.
  2. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, tha’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabr, syukr, qanaa’ah, tawaadhu’, husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja yang sehat.
  3. Aspek watak tercela mencakup kufr, syirk, riya’, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadhab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghiibah, fitnah, dan namiimah.
  4. Aspek akhlak mencakup: Adab beribadah seperti adat shalat, membaca al-Qur’an, berdoa, etika kepada kepada orang bau tanah dan guru, akhlak kepada kepada, saudara, sahabat, dan tetangga, susila terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan.
  5. Aspek kisah teladan mencakup: Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub, Kisah Sahabat: Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.
Download Buku Akidah Akhlak Guru Siswa K13 Kelas 9

Sobat , berikut adalah Buku Akidah Akhlak Guru Siswa K13 Kelas 9 MTs Revisi Tahun 2016 yang mampu sobat unduh melalui tautan berikut ini:

Buku Guru
Buku Siswa

Demikianlah informasi tentang Download Buku Akidah Akhlak Guru Siswa K13 Kelas 9, biar menjadikan manfaat untuk guru dan siswa madrasah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel