Buku Kerja Dan Rpp Ipa Kelas 9 K13 Smp/Mts Tahun 2019
- Buku Kerja Dan RPP IPA Kelas 9 K13 SMP/MTs Tahun 2019 merupakan sekumpulan dokumen yang memuat perencanaan terkait proses pembelajaran mata pelajaran IPA untuk kelas 9 Kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs.
Buku Kerja dan RPP IPA berikut adalah hasil karya MGMP Kabupaten malang. Dalam Buku Kerja tersebut memuat seperangkat dokumen yang hendaknya dimiliki oleh Guru mata pelajaran IPA.
Kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Ilmu Pengetahun Alam tingkat SMP/MTs mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Buku Kerja dan RPP IPA berikut adalah hasil karya MGMP Kabupaten malang. Dalam Buku Kerja tersebut memuat seperangkat dokumen yang hendaknya dimiliki oleh Guru mata pelajaran IPA.
Kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Ilmu Pengetahun Alam tingkat SMP/MTs mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Baca Juga: Download KI dan KD SD-MI Sekolah Menengah Pertama-MTS SMA-MA Tahun 2019
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, tolong-menolong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, tolong-menolong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Baca Juga: RPP Bahasa Inggris K13 Kelas 7 8 9 Sekolah Menengah Pertama/MTs
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, penyesuaian, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, penyesuaian, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.
Baca Juga: Kumpulan RPP Penjaskes K13 SMP/MTs Tahun 2019
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
Bapak/Ibu Guru IPA berikut adalah sekumpulan Buku Kerja I dan II mata pelajaran IPA kelas 9 kurikulum tahun 2013 yang daat diunduh melalui tautan berikut ini:
Buku kerja merupakan pelengkap sebagai pendukung buku pokok atau buku utama. Fungsi buku kerja pada hakikatnya merupakan pedoman, pengarah, pembimbing guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas sebagaimana tugas yang telah diprogramkan berdasarakan buku utama.
Demikianlah informasi tentang Buku Kerja Dan RPP IPA Kelas 9 K13 Sekolah Menengah Pertama/MTs Tahun 2019, semoga dapat memberikan manfaat!
Kami_Madrasah
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI dan KD IPA K13 Kelas 9
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (memakai, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada insan dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan tumpuan hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | 4.1 Menyajikan hasil penelusuran gosip dari banyak sekali sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi |
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tanaman dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi flora dan hewan | 4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada flora |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup | 4.3 Menyajikan hasil penelusuran isu dari berbagai sumber terkait perihal tanaman dan hewan hasil pemuliaan |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik | 4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik | 4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi binatang untuk mencari kuliner dan migrasi | 4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia | 4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang dipakai dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan insan | 4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan | 4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan |
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan | 4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan. |
Perangkat Pembelajaran IPA K13 Sekolah Menengah Pertama/MTs Tahun 2019
Bapak/Ibu Guru IPA berikut adalah sekumpulan Buku Kerja I dan II mata pelajaran IPA kelas 9 kurikulum tahun 2013 yang daat diunduh melalui tautan berikut ini:
Buku Kerja I
Buku Kerja II
- Cover Buku Kinerja 1
- Analisis SKL
- Analisis KI - KD
- Penetapan IPK
- Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
- Silabus
- Silabus Kemendikbud
- RPP 6
- RPP 7
- RPP 8
- RPP 9
- KKM
- Cover Buku Kinerja 2
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan Madrasah 2019-2020
- Analisa Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Guru
- Cover Buku Kinerja 3
- Form Data Nilai Pengetahuan Tugas, Kinerja dan Proyek
- Jadwal Mengajar
- Kisi-kisi Soal Penilaian Harian (PH)
- Lembar Soal Penilaian Harian
- Soal Perbaikan - Pengayaan
Buku kerja merupakan pelengkap sebagai pendukung buku pokok atau buku utama. Fungsi buku kerja pada hakikatnya merupakan pedoman, pengarah, pembimbing guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas sebagaimana tugas yang telah diprogramkan berdasarakan buku utama.
Demikianlah informasi tentang Buku Kerja Dan RPP IPA Kelas 9 K13 Sekolah Menengah Pertama/MTs Tahun 2019, semoga dapat memberikan manfaat!
Kami_Madrasah