Rpp K13 Akidah Akhlak Kelas 8 Mts Tahun 2019
- RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Tahun 2019 merupakan RPP yang dibuat dan disesuaikan dengan materi pembelajaran pada tahun 2018-2019. Akidah Akhlah merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang hanya diberikan di Madrasah.
Pembelajaran PAI di madrasah merupakan pola pembelajaran berbasis disiplin ilmu yang meliputi Al-Qur'an dan Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Tafsir.
Pembelajaran PAI di madrasah merupakan pola pembelajaran berbasis disiplin ilmu yang meliputi Al-Qur'an dan Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Tafsir.
Namun, pembelajaran PAI di madrasah dapat disampaikan dengan pendekatan terpadu atau integrated learning. Misalnya pembelajaran SKI atau Tafsir, Hadis dan Fikih secara terpadu. Di madrasah juga dimungkinkan pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis yang terpadu dengan bidang sains. Terpadu dalam arti bukan semata Islamisasi terhadap sains.
Namun, bagaimana nilai-nilai agama Islam yang universal itu mewarnai cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam proses pembelajaran dan implementasi sains itu sendiri.
Pembelajaran PAI di madrasah secara sedikit demi sedikit dan holistik diarahkan untuk menyiapkan penerima didik yang memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan iman, sopan santun, syariah dan perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan penerima didik menjalankan kewajiban beragama dengan baik terkait kekerabatan dengan Allah SWT, maupun sesama insan dan alam semesta.
Pemahaman keagamaan tersebut terinternalisasi dalam diri peserta didik, sehingga nilai-nilai agama menjadi pertimbangan dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak untuk menyikapi fenomena kehidupan.
Selain itu, peserta didik diperlukan bisa mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup bersama yang multikultural, multietnis, multifaham keagamaan dan kompleksita kehidupan lainnya secara bertanggung jawab, toleran, dan moderat dalam kerangka berbangsa dan bernegara Indonesia yang menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Baca Juga: Download RPP K13 SKI Kelas 7 Semester 1 dan 2
Oleh karena itu, pembelajaran PAI mengarusutamakan pada pembentukan sikap dan sikap beragama melalui kontekstualisasi anutan agama, penyesuaian, pembudayaan, dan keteladanan semua warga madrasah.
Oleh karena itu, pembelajaran PAI mengarusutamakan pada pembentukan sikap dan sikap beragama melalui kontekstualisasi anutan agama, penyesuaian, pembudayaan, dan keteladanan semua warga madrasah.
Iklim akademis-religius perlu diciptakan sedemikian rupa sehingga budaya madrasah menjadi wahana bagi persemaian faham keagamaan yang moderat, internalisasi akhlak mulia, budaya anti korupsi dan model kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang baik bagi masyarakat. Hubungan guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran dibangun dengan ikatan kasih sayang dan sating membantu bekerja sama untuk menggapai ridlo Allah Swt.
Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Adapun tujuan pembelajaran Akidah Akhlak di Mdrasah tsanawiyah adalah sebagai berikut;
Ruang lingkup didalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah tsanawiyah mencakup;
- Menumbuhkembangkan iman melalui tunjangan, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, adaptasi, serta pengalaman akseptor didik wacana iktikad Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah swt.;
- Mewujudkan insan Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari budpekerti tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial sebagai , manifestasi dari anutan dan nilai-nilai keyakinan Islam.
Ruang Lingkup Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
- Aspek doktrin terdiri atas dasar dan tujuan dogma Islam, al-Asma' al-Husna (al-Aziiz, al-Bashiith, al-Ghaniyy, arRa'uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-Adl, alHayyu, al-Qayyuum, al-Lathiiif), sifatsifat wajib, tidak mungkin dan jaiz Allah Swt. beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, tugas dan sifat malaikat Allah Swt. serta makhluk mistik lainnya (jin, iblis, dan setan), hikmah beriman kepada hari Akhir, beriman kepada qadla' dan qadar. mukjizat serta insiden luar biasa lainnya (karamah, maunah, dan irhas), insiden-insiden alam mistik yang bekerjasama dengan hari selesai (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan,Yaumul Jaza',Shirat, Surga dan Neraka)
- Aspek sopan santun terpuji yang terdiri atas taubat, taat, istiqamah, ikhlas, ikhtiyar, tawakal, qana'ah, tabah, syukur. Sifat utama keteguhan rasul Ulul Azmi. sifat husnuzan, tawadhu, tasammuh, ta'awun, menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif.
- Aspek watak tercela mencakup riya, nifaq, ananiah, frustasi, gadab, tamak, hasad, dendam, gibah, fitnah, namimah, dan sikap menyimpang dalam pergaulan dewasa (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran).
- Aspek adab meliputi: etika dan fadlilah sholat dan dzikir (Istighfar, Shalawat dan Laa ilaaha illallaah), etika membaca al-Qur'an dan etika berdoa, budpekerti kepada orang bau tanah, guru, bersosial media, bergaul dengan saudara, sahabat, tetangga, berjalan, makan minum, dan berpakaian.
- Aspek cerita teladan meliputi: Nabi Sulaiman a.s. Nabi Ibrahim a.s. Nabi Musa a.s. Sahabat Abu Bakar r.a. Sahabat Umar bin Khattab r.a. sayidah Aisyah r.a. Sahabat Usman bin Affan r.a, Sahabat Ali bin Abi Thalib.
Download RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 8 MTs Tahun 2019
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019 sanggup diunduh melalui tautan link berikut ini:
Untuk mengunduh RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 7 MTs Tahun 2019 silahkan mengunduhnya melalui laman artikel berikut >> RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 7 MTs Tahun 2019.
Demikianlah informasi tentang RPP Akidah Akhlak K13 Kelas 8 MTs Tahun 2019, semoga membawa manfaat untuk Bapak/Ibu guru.