10 Soal Latihan Tes Wawasan Kebangsaan - Twk Skd Cpns Hots (Update 2019) Part 23
gurumastah.blogspot.com - 10 Soal Latihan Tes Wawasan Kebangsaan - TWK SKD CPNS HOTS (Update 2019) Part 23, Soal CPNS Gratis.
Hallo selamat pagi teman , nah setelah kemarin-kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.
Nah sekarang mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, supaya yang males buat ngeunduh file sanggup langsung membaca dan berguru lewat blog ini ketika itu juga.
Nah untuk soal akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula. Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.
Untuk soal TWK Hots silahkan baca dibawah ini
1. Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Hal ini tercantum dalam UUD 1945 pasal …
a. 31 ayat 1
b. 31 ayat 2
c. 31 ayat 3
d. 31 ayat 4
e. Semua jawaban salah.
b. 31 ayat 2
c. 31 ayat 3
d. 31 ayat 4
e. Semua jawaban salah.
Pembahasan
Pasal 31 ayat 2 berbunyi: “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”
(B) 9
Pasal 31 ayat 2 berbunyi: “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”
(B) 9
2. Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan menerima manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Aturan ini dimuat dalam UUD 1945 pasal …
a. 28A
b. 28B
c. 28C
d. 28D
e. Semua jawaban salah.
b. 28B
c. 28C
d. 28D
e. Semua jawaban salah.
Pembahasan
Pasal 28C berbunyi: “(1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.”
(C)
Pasal 28C berbunyi: “(1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.”
(C)
3. Negara adalah bentuk persekutuan keluarga dengan segala kepentingannya, merupakan pengertian negara oleh …
a. Plato
b. Machiaveli
c. Thomas Aquinas
d. Aristoteles
e. Jean Bodin
b. Machiaveli
c. Thomas Aquinas
d. Aristoteles
e. Jean Bodin
Pembahasan
Menurut Jean Bodin, Negara adalah bentuk persekutuan keluarga dengan segala kepentingannya.
(E)
4. Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya pada batas wilayah yang disebut …
Menurut Jean Bodin, Negara adalah bentuk persekutuan keluarga dengan segala kepentingannya.
(E)
4. Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya pada batas wilayah yang disebut …
a. Batas landas kontinen
b. Batas laut teritorial
c. Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
d. Batas wilayah daratan
c. Batas wilayah negara tetangga
b. Batas laut teritorial
c. Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
d. Batas wilayah daratan
c. Batas wilayah negara tetangga
Pembahasan
Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) → merupakan batas wilayah dimana Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya
(C)
Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) → merupakan batas wilayah dimana Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya
(C)
5. Berikut merupakan hasil Konferensi Meja Bundar, kecuali …
a. Penyerahan kedaulatan Desember 1949
b. Kedudukan RIS dan kerajaan Belanda sejajar
c. RIS bebas dari pembayaran hutang-hutang Belanda sebesar 4,3 milyar gulden.
d. Status Irian Barat akan dibicarakan setahun setelah pengakuan kedaulatan
e. Belanda mengakui RIS sebagai negara yang berdaulat dan merdeka
b. Kedudukan RIS dan kerajaan Belanda sejajar
c. RIS bebas dari pembayaran hutang-hutang Belanda sebesar 4,3 milyar gulden.
d. Status Irian Barat akan dibicarakan setahun setelah pengakuan kedaulatan
e. Belanda mengakui RIS sebagai negara yang berdaulat dan merdeka
Pembahasan
Hasil KMB :
6. Hindia Belanda/ Nederlandsch- Indie berasal dari bahasa latin yang berarti …
Hasil KMB :
- Belanda mengakui RIS sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.
- Penyerahan kedaulatan Desember 1949.
- RIS dan Belanda akan tergabung dalam Uni Indonesia-Belanda.
- Kedudukan RIS dan Kerajaan Belanda sejajar.
- RIS akan mengembalikan semua hak milik dan membayar hutang-hutang Belanda sehabis tahun 1942 sebesar 4,3 milyar gulden.
- Status Irian Barat akan dibicarakan setahun sehabis akreditasi kedaulatan.
6. Hindia Belanda/ Nederlandsch- Indie berasal dari bahasa latin yang berarti …
a. Pulau seberang
b. Pulau-pulau di samudra India
c. Samudra Hindia
d. India dan pulau-pulau di samudra India
e. Kepulauan laut selatan
b. Pulau-pulau di samudra India
c. Samudra Hindia
d. India dan pulau-pulau di samudra India
e. Kepulauan laut selatan
Pembahasan
Berasal dari bahasa latin indus dan nesos yang berarti India dan pulau-pulau di Samudera India.
(D)
7. Berikut ini merupakan negara yang terbentuk melalui pemisahan diri atau separation adalah …
Berasal dari bahasa latin indus dan nesos yang berarti India dan pulau-pulau di Samudera India.
(D)
7. Berikut ini merupakan negara yang terbentuk melalui pemisahan diri atau separation adalah …
a. Yugoslavia
b. India
c. Jerman
d. Liberia
e. Australia
b. India
c. Jerman
d. Liberia
e. Australia
Pembahasan
Pemisahan diri atau separation merupakan terbentuknya suatu negara akibat suatu bagian wilayah ingin memisahkan diri dari suatu pemerintahan sehingga membentuk negara baru, akan tetapi hal ini berbeda dengan pemecahan. Dalam pemisahan diri, negara yang lama tetap ada. Contohnya negara India, yang dulunya merupakan daerah yang cukup besar kemudian terjadi pemisahan beberapa wilayah menjadi India, Pakistan dan Bangladesh
(B)
8. Aspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu…
Pemisahan diri atau separation merupakan terbentuknya suatu negara akibat suatu bagian wilayah ingin memisahkan diri dari suatu pemerintahan sehingga membentuk negara baru, akan tetapi hal ini berbeda dengan pemecahan. Dalam pemisahan diri, negara yang lama tetap ada. Contohnya negara India, yang dulunya merupakan daerah yang cukup besar kemudian terjadi pemisahan beberapa wilayah menjadi India, Pakistan dan Bangladesh
(B)
8. Aspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu…
a. Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasa
b. Aspek satu nusa, aspek satu rakyat dan aspek satu bahasa
c. Aspek satu negara, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasa
d. Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu perjuangan
e. Aspek satu nusa, aspek satu negara dan aspek satu bahasa
b. Aspek satu nusa, aspek satu rakyat dan aspek satu bahasa
c. Aspek satu negara, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasa
d. Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu perjuangan
e. Aspek satu nusa, aspek satu negara dan aspek satu bahasa
Pembahasan
Aspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasa.
(A)
Aspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasa.
(A)
a. Pasal 6A ayat (3)
b. Pasal 18, Pasal 18A, dan Pasal 18 B
c. Pasal 25A
d. Pasal 26 ayat (1)
e. Pasal 29 ayat (1)
Pembahasan
Pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan bhinneka tunggal ika :
– Pasal 6A ayat (3) – Pasal 18, Pasal 18A, dan Pasal 18 B – Pasal 25A – Pasal 26 ayat (1) – Pasal 29 ayat (2) – pasal 32 – pasal 36 A
(E)
10. Sumpah Palapa merupakan sumpah yang dinyatakan oleh Maha patih Gajah Mada bahwa..
a. Nusantara akan bersatu dengan kekuatannya
b. Tidak akan pernah beristirahat atau berhenti berpuasa sebelum Nusantara bersatu
c. Tidak akan berputus asa sebelum Nusantara Bersatu
d. Tidak akan beristirahat dan tidur sebelum wilayah nusantara bersatu
e. Persatuan Indonesia bergantung pada kekuatan rakyat
Pembahasan
Sumpah Palapa merupakan sumpah yang dinyatakan oleh Maha patih Gajah Mada bahwa Tidak akan pernah beristirahat atau berhenti berpuasa sebelum Nusantara bersatu.
(B)
d. Tidak akan beristirahat dan tidur sebelum wilayah nusantara bersatu
e. Persatuan Indonesia bergantung pada kekuatan rakyat
Pembahasan
Sumpah Palapa merupakan sumpah yang dinyatakan oleh Maha patih Gajah Mada bahwa Tidak akan pernah beristirahat atau berhenti berpuasa sebelum Nusantara bersatu.
(B)
Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) kawan.
Nah itulah 10 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar semoga blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.