10 Soal Tkp Hots Cpns Yang Sering Muncul Part 1 Lengkap Pembahasan - Update 2019
gurumastah.blogspot.com - 10 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi - TKP SKD CPNS HOTS yang Sering Muncul (Update 2019) Part 1, Soal CPNS Gratis Full Pembahasan.
Hallo selamat pagi sobat , nah setelah kemarin-kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.
TKP CPNS |
Nah kini mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, supaya yang males buat ngeunduh file bisa eksklusif membaca dan berguru lewat blog ini dikala itu juga.
Nah untuk soal TKP yangs sering muncul akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula.
Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.
Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.
Untuk soal TKP Hots silahkan baca dibawah ini
A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan
B. Menjelakan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih focus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya
C. Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan
D. Meminta sang ibu untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda bisa menjelaskan hal tersebut kepadanya
E. Meminta teman anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada
JAWABAN : DECAB (54321) Topik Pelayanan public, Indikator daya tanggap terhadap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan penerima layanan dan segera mungkin, permasalahan pada soal ibu ibu renta yang tidak paham prosedur penggunaan BPJS untuk rawat inap padahal sudah anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang simpel dimengerti tapi sang ibu tetap tidak paham, solusinya yaitu menjelaskan kepada anggota kelurga yang lain.
A. Saya akan mencoba untuk bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota karena akan membuat saya lebih dekat dengan lokasi perusahaan
B. Mencari tempat tinggal lain yang lebih nyaman, meskipun sedikit jauh dari lokasi perusahaan tempat anda bekerja
C. Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat dengan pekerjaan anda
D. Berusaha untuk bekerja lebih giat dengan harapan bisa mendapatkan fasilitas rumah dari kantor.
E. Menerima hal ini sebagai resiko dari pekerjaan yang anda ambil dan berusaha untuk tetap bisa merasa nyaman tinggal di daerah pinggiran
JAWABAN : CEADB (54321) Topik kemampuan beradaptasi, Indikator sanggup beradaptasi dengan lingkungan baru serta bersifat mendapatkan perubahan sebagai sebuah tantangan , permasalahan pada soal anda merasa bahwa tinggal di tempat pinggiran tidak mengenakan sebab serba banyak kekurangan namun hal ini memudahkan untuk akses ke tempat kerja, solusi yang sempurna adalah opsi C Mencari cara supaya dapat menikmati kehidupan di kawasan pinggiran kota yang lokasinya akrab dengan pekerjaan anda memperlihatkan bahwa anda seorang yang mampu mengikuti keadaan dengan suasana baru.
A. Mengajukan protes kepada pihak penyedia jasa air yaitu PDAM agar pada saat pagi hari aliran air tidak mati karena ini merupakan hak warga
B. Santai saja, saya bisa meminta air untuk kebutuhan memasak dan mandi kepada tetangga
C. Menggunakan air seadanya untuk memasak dan kebutuhan mandi sebelum berangkat ke kantor agar tidak terlambat
D. Meminta suami/istri untuk membeli air gallon setiap harinya untuk kebutuhan memasak dan mandi anggota kelurga
E. Menampung air dimalam hari sebagai cadangan untuk kebutuhan dipagi hari
4. Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan inspirasi dan gagasan mereka pada dikala rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan pandangan baru anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ilham dan gagasan yang anda ejekan lantaran dinilai tidak mempunyai perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, sikap anda
B. Santai saja, saya bisa meminta air untuk kebutuhan memasak dan mandi kepada tetangga
C. Menggunakan air seadanya untuk memasak dan kebutuhan mandi sebelum berangkat ke kantor agar tidak terlambat
D. Meminta suami/istri untuk membeli air gallon setiap harinya untuk kebutuhan memasak dan mandi anggota kelurga
E. Menampung air dimalam hari sebagai cadangan untuk kebutuhan dipagi hari
JAWABAN : EDACB (54321) Topik Kreatifitas dan Inovasi, Indikator sanggup berfikitan kreatif dan imajinatif untuk mrnyelesaikan dan mencari solusi terhadap duduk masalah, dilema dalam soal adalah ekspresi dominan kemarau membuat warga harus berhemat air, ditambah lagi air sering mati jika diwaktu pagi solusi yang paling sempurna yaitu opsi E Menampung air semalaman sebagai cadangan menunujukkan kalau kita orang yang kreatif mampu mencari solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi.
4. Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan inspirasi dan gagasan mereka pada dikala rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan pandangan baru anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ilham dan gagasan yang anda ejekan lantaran dinilai tidak mempunyai perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, sikap anda
A. Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan
B. Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima
C. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
D. Menggantinya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
E. Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan
5. Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya supaya banyak dari customer yang menggunakan jasa perusahaan anda, sikap anda
B. Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima
C. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
D. Menggantinya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
E. Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan
JAWABAN : CDEAB (54321) Topik kemampuan bekerjasa sama dalam kelompok, Indikator keterbukaan, saling bekerja sana dan selalu melibatkan orang lain , persoalan gagasan anda dinilai kurang menunjukkan perubahan signifikan, solusi pertama yang bisa anda lakukan yaitu memadukan gagasan anda dengan rekan yang lain seperi pada opsi C memperlihatkan anda mendapat pendapat orang lain dan berusaha tetap pada prinsip dengan kaloborasi dengan rekan yang lain.
5. Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya supaya banyak dari customer yang menggunakan jasa perusahaan anda, sikap anda
A. Memberikan usulan jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali
B. Mengusulkan Adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
C. Mengusulkan agar pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda
D. Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
E. Menyusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi
6. Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari
hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas
A. Menasehati teman-teman saya agar berhati hati untuk melakukan pinjaman online meskipun dengan prosedur yang lebih gampang
B. Tidak ingin melakukan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun
C. Berusaha agar tidak melakukan peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada saat melakukan pembayaran nanti
D. Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman
E. Mencari tahu sejarah perusahaan dan menasehati teman teman yang lain agar berhati-hati
7. Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering memberikan pemberian terhadap sesame rekan kerja dalam banyak sekali permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan santunan anda
B. Mengusulkan Adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
C. Mengusulkan agar pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda
D. Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
E. Menyusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi
JAWABAN : DECBA (54321) Topik Orientasi pada pelayanan, Indikator menawarkan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan sop perusahaan , permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D adalah opsi yang paling mungkin dengan memberikan kemudahan kusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia agar merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan balasan yang diinginkan, perusahaan sudah punya sop jadi standart layanannya
6. Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari
hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas
A. Menasehati teman-teman saya agar berhati hati untuk melakukan pinjaman online meskipun dengan prosedur yang lebih gampang
B. Tidak ingin melakukan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun
C. Berusaha agar tidak melakukan peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada saat melakukan pembayaran nanti
D. Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman
E. Mencari tahu sejarah perusahaan dan menasehati teman teman yang lain agar berhati-hati
JAWABAN DCBEA (54321) Topik kemapuan mengendalikan diri, Indikator perilaku dewasa dalam pengambilan sebuah tindakan untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan, permasalahan jika anda yang ada pada posisi teman anda, langkah yang tepat yakni opsi D Mencari tahu detail tentang perusahaan yang menawarkan pinjaman kalau suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman, menunjukkan anda orang yang bersikap remaja dan sanggup mengantisipasi sebuah insiden dan mengambil keputusan
A. Saya akan langsung memberikan membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka
B. Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu membantu dengan iklas
C. Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
D. Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka
E. Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya
8. Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan tinjaun ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk budi. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda perilaku anda,
B. Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu membantu dengan iklas
C. Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
D. Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka
E. Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya
JAWABAN CEABD (54321) Topik Orientasi kepada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain membantu sesuai kapasitas dan kemampuan, pada dikala orang lain meminta sumbangan hal pertama yang harus anda lakukan yaitu opsi C bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jikalau memungkinkan baru anda akan membantu, lantaran ga semua permasalahn teman anda dapat membantunya
8. Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan tinjaun ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk budi. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda perilaku anda,
A. Tidak lagi memberinya maaf karena ini sudah keterlaluan tidak mengindahkan perintah anda padahal itu adalah pekerjaan yang sangat penting
B. Berhenti memercayainya sejak kejadian pertama hingga selanjutnya
C. Melaporkan hal ini kepada pemilik perusahaan agar mendapatkan hukuman agar dia memahami tugasnya untuk masa yang akan datang
D. Berani berkata tegas dengan menegurnya agar bertanggung jawab
E. Tidak cepat percaya dengannya jika diserahkan tugas lagi untuk kedepannya
9. Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan
B. Berhenti memercayainya sejak kejadian pertama hingga selanjutnya
C. Melaporkan hal ini kepada pemilik perusahaan agar mendapatkan hukuman agar dia memahami tugasnya untuk masa yang akan datang
D. Berani berkata tegas dengan menegurnya agar bertanggung jawab
E. Tidak cepat percaya dengannya jika diserahkan tugas lagi untuk kedepannya
JAWABAN DCABE (54321) Topik Kemampuan Menggerakkan dan Mengkordinir Orang lain, Indikator sebagai katalisator yang sanggup mambawa perubahan dan mengatur bawahan, Permasalahan bawahan yang tidak menjalankan tugasnya dengan aneka macam alasan, sebagai seorang atasan anda wajib menegurnya, alasannya yaitu bawahan anda yaitu tanggung jawab anda, opsi D adalah yang paling sempurna
A. Yang penting saya akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya
B. Tak cukup berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara
C. Paling penting tingkatkan kebersamaan antara tim & kolega
D. Kompetisi menjadi juara itu utama, agar menjaga nama baik perusahaan
E. Apapun yang saya lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan
JAWABAN : BDECA (54321) Topik semangat berprestasi, Indikator semangat kompetisi dan menggerakkan perjuangan untuk sukses, sebagai peserta lomba anda tentu harus menawarkan penampilan terbaik anda untuk perusahaan dengan menjadi juara, hal ini memperlihatkan anda karyawan yang semangat, penuh semangat dalam berkompetisi, mengerahkan usaha semaksimal mungkin
10. Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di akrab tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut
A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
B. Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvidoe dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini
JAWABAN CEDAB Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri untuk melakukan tindakan yang diyakini kebenarannya untuk edukasi, anda melihat sampah berserahkan di akrab jalan tempat pembuangan sampah yang mengganggu jalannya kendraan, maka opsi C yaitu yang paling benar dengan hal tersebut anda memperlihatkan bahwa anda orang yang memiliki kesadaran diri, dan mengambil tindakan untuk solusi dari dilema yang ada untuk edukasi
Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) mitra.
Nah itulah 10 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar semoga blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.