10 Soal Tkp Hots Cpns Yang Sering Muncul Part 5 Lengkap Pembahasan - Update 2019

gurumastah.blogspot.com - 10 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi - TKP SKD CPNS HOTS yang Sering Muncul (Update 2019) Part 5, Soal CPNS Gratis Full Pembahasan.

Hallo selamat pagi sobat , nah setelah kemarin-kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.

 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi  10 Soal TKP HOTS CPNS yang Sering Muncul Part 5 Lengkap Pembahasan - Update 2019
TKP CPNS

Nah sekarang mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, agar yang males buat ngeunduh file bisa langsung membaca dan berguru lewat blog ini saat itu juga.

Nah untuk soal TKP yangs sering muncul akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula.

Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.

Untuk soal TKP Hots silahkan baca dibawah ini

1. Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses pengerjaan tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan

A. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
B. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
E. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu
JAWABAN ECDAB Topik kemampuan bekerja berdikari dan tuntas, Indikator tanggung jawab terhadap pekerjaan, inisiatif, fokus, serius dan konsisten supaya pekerjaan cepat selesai bekerja dengan cepat, sempurna dan sesuai prosedur biar bisa diselesaikan tepat waktu.

2. Siang ini anda berkunjung kesebuah tempat wisata, alasannya hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. Padaa dikala pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, kemudian anda melihat seorang ibu hamil sedang mengantri selang 10 antrian di belakang anda. Ibu tersebut kelihatan sangat lelah ditambah lagi cuaca pada saat itu panas, apa yang anda lakukan

A. Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda
B. Meminta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda
C. Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut
D. Antri seperti biasa karena kondisi antrian sangat panjang
E. Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda
JAWABAN CADEB Topik orientasi pada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain, tidak acuh tak hirau, mempunyai empati, dapat anda lakukan dengan cara bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut sehingga tidak menjadikan konflik

3. Siang ini anda sedang melayani banyak nasabah di kantor anda, antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek kakek umur 70 tahun juga ikut mengantri. Karena terlalu lama dan antrian panjang, kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu, perilaku anda

A. Minta maaf, Meminta kakek tersebut untuk antri sesuai dengan nomer antrian
B. Minta maaf, Meminta untuk tetap antri karena pelayanan didasarkan kepada jadwal kedatangan
C. Langsung melayani kakek tersebut karena dia sudah tua
D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain
E. Memberikan pengertian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut
JAWABAN EDCAB Topik orientasi pada pelayanan, kita harus memperlihatkan pelayanan yang baik, cepat dan berorientasi kepuasaan pelanggan, dalam masalah diatas kita boleh mendahulukan kakek tersebut, dengan menjelaskan kepada yang lain terlebih dahulu agar mereka juga merasa dihargai, pada pelayanan wanita hamil, lansia, ibu menyusui mendapat prioritas utama pelayanan.

4. Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk cermat dalam bermedia sosial. Di masa milinial kini ini marak gosip dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang simpel terprovokasi, berdebat kusir, sikap anda mangatasi hal ini

A. Membatasi penggunaan media sosial yang penting penting saja
B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya
C. Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif
D. Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut
E. Membaca keseluruhan informasi secara lengkap
JAWABAN BECAD Topik teknologi informasi dan komunikasi, kita harus pinter dalam bermedia sosial alasannya hal ini juga memudahkan kita untuk saling berinteraksi dan mengatakan kemudahan untuk permasalahan diatas bisa dengan mengecek sumber informasi yang teruji kredibilitasnya

5. Sebuah perusahaan harusnya juga peka terhadap kebutuhan karyawannya. Jangan hanya menuntut untuk bekerja cepat, tepat. Tapi juga mengerti permasalahan dari karyawan. Contohnya saja seolah-olah isu keluarga atau keuangan bisa saja mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja sehingga menciptakan kinerjanya menurun, harusnya

A. Perusahaan bisa memberikan gaji yang lebih besar kepada karyawan
B. Memberikan bonus pada karyawan yang berkinerja bagus
C. Membuat kebijakan baru, pinjaman karyawan.
D. Meminta setiap pimpinan divisi mau membantu bawahan yang sedang bermasalah dalam keuangan
E. Memberikan akses untuk karyawan berbisnis sampingan di perusahaan
JAWABAN CABDE Topik orientasi kepada orang lain, kita harus peka dan peduli terhadap permasalahan orang dan berempati bila bisa membantu maka lakukanlah, seolah-olah masalah diatas dengan diadakannya pinjaman karyawan akan membantu mereka dan mereka juga akan lebih bekerja dengan focus

6. Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini ada salah satu karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan cendrung menghambat acara diperusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda alasannya ialah harus menunggu beliau menuntaskan pekerjaannya, terkadang sesudah ditunggu pun hasilnya sangat jelek, padahal anda sudah memastikan bahwa beban kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur perusahaan. Perusahaan pun telah menawarkan kesempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi training, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang anda lakukan
A. Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan peforma terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan
B. Memberikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut
C. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perusahaan kembali membaik
D. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi
E. Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik
JAWABAN DECBA Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan kita harus bisa mengkoordinir bawahan, menyampaikan kesempatan untuk perbaikan dan pelatihan namun kalau tidak ada perubahan maka seorang atasan harus tegas, lantaran atasan juga punya tanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan yang dikelolahnya
7. Di divisi tempat anda bekerja sedang terjadi sebuah persoalan yang mampu mensugesti kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan memandang problem tersebut secarah objektif dan menganalisis setiap karyawan yang dapat terpengaruh atas persoalan tersebut, kemudian yang anda lakukan

A. Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan di ambil
B. Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan dan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
C. Meminta masukkan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
D. Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawan divisi akan hal tersebut, agar tidak kaget
E. Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya, dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama.
JAWABAN ECADB Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan harus melibatkan bawahan tetapi keputusan tetap ada di tangan kita, mengatakan pemahaman dan belahan dari kelompok kita harus saling terbuka, saling bertanggung jawab dan mempunyai kesadaran serta selalu mengkomunikasikan setiap ada permasalahan

8. Anda diminta atasan anda untuk menuntaskan sebuah problem di dalam pekerjaan alasannya yaitu atasan anda menilai anda karyawan yang paling bisa mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan terhadap permasalahan tersebut sedikit kurang optimal untuk menawarkan solusi terbaik seperti yang diharapkan perusahaan, yang anda lakukan

A. Saya akan merubah semua solusi yang ada dan membuat penyelesaian baru
B. Saya meminta atasan untuk memberikan saya waktu lebih untuk memikirkannya
C. Saya melakukan modifikasi atas keputusan tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
D. Mengembalikan tugas tersebut kepada atasan untuk di limpahkan kapada karyawan lain
E. Memikirkan cara yang paling efektif dari penyelesaian sebelumnya
JAWABAN CEABD Topik kreativitas dan penemuan, mampu memikirkan hal hal kreatif dan imajinatif untuk melakukan perbaikan pada sebuah proses sehingga mendapat hasil terbaik, tidak harus merubah tapi melakukan modifikasi sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai

9. Beberapa hari terakhir ini di kantor anda sedang disibukkan dengan banyaknya deadline pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya, sehingga setiap komponen perusahaan diminta untuk menawarkan kemampuan terbaiknya bagi perusahaan, sebab kalau ada pekerjaan yang tertunda akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Namun ada beberapa karyawan yang datang kepada anda bercerita dan mengeluhkan beberapa hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, perilaku anda

A. Saya selalu terbuka terhadap setiap karyawan untuk berkeluh kesah kapanpun mereka membutuhkannya
B. Hal tersebut harus di batasi karena dapat mengganggu kinerja perusahaan
C. Selalu bersimpati dan memberikan nasehat dan solusi yang paling baik terhadap setiap masalah mereka
D. Bersimpati dan memberikan solusi dan nasehat dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan
E. Saya akan selalu baik kepada setiap karyawan di perusahaan dan dapat menjadi teman curhat mereka setiap waktu
JAWABAN DCBAE Topik orientasi kepada orang lain, dengan memperlihatkan etikad baik, tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama, namun sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan anda berbuat baik dan kerjaan tetap jalan

10. Anda telah bekerja sesuai dengan SOP yang perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan terperinci, sudah terdokumentasi sebagai panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkannya setiap hari dengan baik, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah problem yang timbul tidak dijelaskan bahkan tidak ada di dalam SOP yang perusahaan berikan, yang akan anda lakukan

A. Tetap mengikuti sop yang ada meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan mengganggu kinerja
B. Meminta bantuan kepada rekan karyawan yang lain untuk dicarikan solusi terbaik
C. Melihat dari kondisi yang ada dan saya sesuaikan dengan misi perusahaan agar pekerjaan cepat terselesaikan
D. Menyuruh atasan untuk meriview kembali sop yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
E. Memikirkan penyelesaian yang sekira cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan
JAWABAN CEBDA Topik kemampuan bekerja mampu berdiri diatas kaki sendiri dan tuntas, menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan dengan tidak menyalahi tujuan perusahaan dan merampungkan pekerjaan secara cepat

Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) kawan.

Nah itulah 10 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar biar blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel