12 Soal Tkp Hots Cpns Yang Sering Muncul Part 15 Lengkap Pembahasan - Update 2019

gurumastah.blogspot.com -  12 Latihan Tes Karakteristik Pribadi - TKP SKD CPNS HOTS yang Sering Muncul (Update 2019) Part 15, Soal CPNS Gratis Full Pembahasan.

Hallo selamat pagi sobat , nah setelah kemarin-kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.

kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal 12 Soal TKP HOTS CPNS yang Sering Muncul Part 15 Lengkap Pembahasan - Update 2019
TKP CPNS

Nah kini mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, biar yang males buat ngeunduh file bisa pribadi membaca dan belajar lewat blog ini ketika itu juga.

Nah untuk soal TKP yangs sering muncul akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula.

Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.

Untuk soal TKP Hots silahkan baca dibawah ini

1. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya adalah :

A. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
C. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
D. Membagi tugas secara adil dan memotivasi serta menegur anggota untuk menyelesaikannya
E. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya.
Pembahasan A. Bekerja sendiri yang penting kiprah selesai (Skor 3) B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja (Skor 2) C. Melaporkan mereka pada pimpinan biar diberi hukuman (Skor 1) D. Membagi kiprah secara adil dan memotivasi serta menegur anggota untuk menyelesaikannya (Skor 5) E. Menasehati mereka biar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya. (Skor 4)

2. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga keharasiaannya. Ketika saya berada di antara teman teman dekat dikantor, saya…

A. Suka menerima masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas baru saya
B. Tetap menjaga kerahasiaan meskipun teman-teman mendesak bertanya
C. Hanya menceritakan sebagian kecil saja demi pertemanan
D. Akan merasa gelisah dan kurang senang bila mereka mulai membicarakan tugas baru saya
E. Akan marah jika ditanya tentang tugas baru
Pembahasan A. Suka mendapatkan masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas gres saya (Skor 4) B. Tetap menjaga kerahasiaan meskipun sahabat-teman mendesak bertanya (Skor 5) C. Hanya menceritakan sebagian kecil saja demi pertemanan (Skor 3) D. Akan merasa gelisah dan kurang senang bila mereka mulai membicarakan peran gres saya (Skor 2) E. Akan marah jikalau ditanya ihwal kiprah baru (Skor 1)

3. Ketika saudara dekat saya meminta bantuan saya untuk melakukan sesuatu yang cenderung melanggar hukum, maka tindakan saya :

A. Menolak dengan keras
B. Menolak dan menjelaskan alasannya
C. Melakukannya untuk yang pertama dan terakhir kalinya
D. Karena dia saudara dekat saya, maka saya melakukannya kali ini saja
E. Mempertimbangkan risikonya baru melakukannya kalau memungkinkan saya menanggung risikonya
Pembahasan A. Menolak dengan keras (Skor 4) B. Menolak dan menjelaskan alasannya (Skor 5) C. Melakukannya untuk yang pertama dan terakhir kalinya (Skor 1) D. Karena beliau saudara erat saya, maka saya melakukannya kali ini saja (Skor 2) E. Mempertimbangkan balasannya gres melakukannya kalau memungkinkan saya menanggung akhirnya (Skor 3)

4. Jika rekan kerja saya berlaku tidak fair dalam rangka berkompetisi untuk kenaikan pangkat, maka saya akan?

A. Menegurnya
B. Tidak menegurnya karena khawatir salah faham
C. Diam-diam melaporkan kepada atasan sehingga saya berpeluang menangkompetisi
D. Menegurnya, dan kalau dia tidak bersedia memperbaiki maka saya laporkan pada atasan
E. Mendiamkannya
Pembahasan A. Menegurnya (Skor 4) B. Tidak menegurnya karena khawatir salah faham (Skor 3) C. Diam-membisu melaporkan kepada atasan sehingga saya berpeluang menang kompetisi (Skor 2) D. Menegurnya, dan kalau ia tidak bersedia memperbaiki maka saya laporkan pada atasan (Skor 5) E. Mendiamkannya (Skor 1)

5. Ketika lampu lalu lintas menyala merah, seorang teman mengajak untuk terus melaju,dan keempat mobil teman saya mengikuti ajakan tersebut. Bagaimana dengan anda ?

A. Saya tetap menunggu lampu menyala hijau
B. Saya turut melaju karena jika melaju di lampu merah bersama-sama justeru tidak mengapa
C. Saya ragu-ragu apa yang harus saya perbuat
D. Jika tak ada polisi di sekitar tempat tersebut, saya ikut melaju
E. Saya tak ikut melaju karena takut tertangkap polisi
Pembahasan A. Saya tetap menunggu lampu menyala hijau (Skor 5) B. Saya turut melaju alasannya jika melaju di lampu merah bantu-membantu justeru tidak mengapa (Skor 2) C. Saya ragu-ragu apa yang harus saya perbuat (Skor 3) D. Jika tak ada polisi di sekitar kawasan tersebut, saya ikut melaju (Skor 1) E. Saya tak ikut melaju sebab takut tertangkap polisi (Skor 4)

6. Karyawan baru itu ternyata kurang bersikap respek dan ramah kepada rekan lainnya

A. Sayapun tak perlu bersikap ramah kepadanya
B. Saya ingatkan dengan baik-baik agar dia bersikap ramah
C. Semoga dia menyadari sendiri kekeliruannya
D. Saya laporkan kepada atasan mengenai hal ini
E. Hal itu menjadi tanggungjawab manajer SDM
Pembahasan A. Sayapun tak perlu bersikap ramah kepadanya (Skor 2) B. Saya ingatkan dengan baik-baik agar beliau bersikap ramah (Skor 5) C. Semoga ia menyadari sendiri kekeliruannya (Skor 3) D. Saya laporkan kepada atasan mengenai hal ini (Skor 1) E. Hal itu menjadi tanggungjawab manajer SDM (Skor 4)

7. Jika anda melihat anak atasan anda melakukan kesalahan, apa yang anda perbuat ?

A. Mendiamkannya, takut atasan tersinggung
B. Mengingatkannya, lalu berpesan kepada anak tersebut agar jangan memberitahukan ayahnya bahwa saya yang mengingatkan
C. Mengingatkannya
D. Meminta rekan lain mengingatkannya
E. Melaporkannya kepada atasan tersebut
Pembahasan A. Mendiamkannya, takut atasan tersinggung (Skor 1) B. Mengingatkannya, kemudian berpesan kepada anak tersebut agar jangan memberitahukan ayahnya bahwa saya yang mengingatkan (Skor 2) C. Mengingatkannya (Skor 5) D. Meminta rekan lain mengingatkannya (Skor 3) E. Melaporkannya kepada atasan tersebut (Skor 4)

7. Saya menggunakan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Kendaraan pada hari Libur. Secara tidak sengaja saya menabrakkan kendaraan tersebut.

Tindakan saya adalah:

A. Diam diam menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pegawaipun yang tahu kalau saya menggunakannya
B. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan
C. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut
D. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman dari pimpinan atas peristiwa tersebut.
E. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan mengembalikannya dengan diam diam
Pembahasan A. Diam diam menyimpan kendaraan tersebut sebab tidak seorang pegawaipun yang tahu kalau saya menggunakannya (Skor 1) B. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan insiden tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan (Skor 5) C. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut (Skor 3) D. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima eksekusi dari pimpinan atas insiden tersebut. (Skor 4) E. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan mengembalikannya dengan diam diam (Skor 2)

8. Saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang diri sebagai pelakunya. Reaksi saya adalah …

A. Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain pimpinan tidak semena mena menyalahkan
B. Diam saja, karena membantah hanya akan menambah rumit permasalahan
C. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga, tetapi tetap melaporkan pegawai lain yang turut bersalah agar mereka juga memperbaiki kesalahan
D. Membantah dan mengadukan pegawai lain yang juga bersalah agar mereka juga bisa belajar dari kejadian ini
E. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa perlu mengadukan pegawai lain yang turut bersalah
Pembahasan A. Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain pimpinan tidak semena mena menyalahkan (Skor 1) B. Diam saja, alasannya adalah membantah hanya akan menambah rumit permasalahan (Skor 3) C. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga, tetapi tetap melaporkan pegawai lain yang turut bersalah semoga mereka juga memperbaiki kesalahan (Skor 4) D. Membantah dan mengadukan pegawai lain yang juga bersalah agar mereka juga mampu mencar ilmu dari peristiwa ini (Skor 2) E. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa perlu mengadukan pegawai lain yang turut bersalah (Skor 5)

9. Suatu hari, Anda pulang jam 01. 00 WIB dinihari menuju rumah dalam kondisi tubuh yang sangat lelah. Dijalan anda mendapati ada kecelakaan.

A. Melihat situasi terlebih dulu. Jika memungkinkan, maka saya tolong
B. Langsung pulang saja karena bagaimanapun juga kondisi badan saya sangat lelah sekali
C. Pergi saja karena sudah ada orang yang mendekati korban tersebut, pastilah sudah ada yang menolong
D. Melihat sepintas, apakah korbannya parah. Jika parah, akan saya tolong
E. Langsung pulang saja, paling-paling hanya rekayasa komplotan perampok
jalanan yang sedang melakukan aksinya.
Pembahasan A. Melihat situasi terlebih dulu. Jika memungkinkan, maka saya tolong (Skor 5) B. Langsung pulang saja alasannya adalah bagaimanapun juga kondisi badan saya sangat lelah sekali (Skor 2) C. Pergi saja alasannya yakni sudah ada orang yang mendekati korban tersebut, pastilah sudah ada yang menolong (Skor 1) D. Melihat sepintas, apakah korbannya parah. Jika parah, akan saya tolong (Skor 3) E. Langsung pulang saja, paling-paling hanya rekayasa komplotan perampok jalanan yang sedang melakukan aksinya. (Skor 4)

10. Jika ada tugas yang kurang menyenangkan,

A. Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya
B. Daripada saya stress, lebih baik saya minta orang lain yang mengerjakan
C. Saya berhak memprotes kepada atasan
D. Saya selesaikan meskipun terasa berat hati
E. Saya meminta tolong rekan kerja untuk menyelesaikan
Pembahasan A. Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya (Skor 5) B. Daripada saya stress, lebih baik saya minta orang lain yang mengerjakan (Skor 2) C. Saya berhak memprotes kepada atasan (Skor 1) D. Saya selesaikan meskipun terasa berat hati (Skor 3) E. Saya meminta tolong rekan kerja untuk merampungkan (Skor 4)

11. Pada akhir bulan, tagihan rekening telepon kantor mengalami lonjakan menjadi sebesar Rp.21.000.000, dari yang biasanya tidak pernah melebihi Rp. 15.000.000,. Setelah dilakukan pengecekan ternyata banyak nomor telepon yang dihubungi tidak memiliki hubungan kerja dengan organisasi. Jajaran pimpinan kemudian memanggil semua pegawai untuk melakukan pengecekan dan penyelesaian masalah tersebut. Sebenarnya saya termasuk pegawai yang menggunakan telepon untuk urusan pribadi. Respon saya adalah….

A. Berterus terang telah menggunakan fasilitas telepon di luar pekerjaan kantor
B. Seharusnya organisasi menyelesaikan pembayaran saja karena anggaran masih tersedia
C. Sebaiknya atasan bertanya kepada setiap pegawai untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan telepon di luar pekerjaan kantor
D. Seharusnya organisasi tidak perlu membesar besarkan masalah ini karena masih banyak hal penting lainnya yang harus diselesaikan
E. Jika pimpinan membuktikan bahwa saya menggunakan telepon untuk urusan pribadi, saya akan mengundurkan diri
Pembahasan A. Berterus terang telah memakai akomodasi telepon di luar pekerjaan kantor (Skor 5) B. Seharusnya organisasi menuntaskan pembayaran saja karena anggaran masih tersedia (Skor 1) C. Sebaiknya atasan bertanya kepada setiap pegawai untuk mengetahui siapa saja yang memakai telepon di luar pekerjaan kantor (Skor 2) D. Seharusnya organisasi tidak perlu membesar besarkan persoalan ini karena masih banyak hal penting lainnya yang harus diselesaikan (Skor 3) E. Jika pimpinan menunjukan bahwa saya memakai telepon untuk urusan pribadi, saya akan mengundurkan diri (Skor 4)

12. Ketika proyek kerja yang saya pimpin tidak memberikan hasil optimal gara-gara ada satu anak buah saya yang melakukan kesalahan, maka….

A. Saya tidak dapat dipersalahkan
B. Itu tidak termasuk dalam tanggungjawab saya
C. Anak buah itu harus bertanggungjawab atas semuanya
D. Bagaimanapun juga, sebagai pimpinan proyek sayapun turut bertanggungjawab
E. Hal itu menjadi kekeliruan anak buah saya semata
Pembahasan A. Saya tidak dapat dipersalahkan (Skor 2) B. Itu tidak termasuk dalam tanggungjawab saya (Skor 1) C. Anak buah itu harus bertanggungjawab atas semuanya (Skor 4) D. Bagaimanapun juga, sebagai pimpinan proyek sayapun turut bertanggungjawab (Skor 5) E. Hal itu menjadi kekeliruan anak buah saya semata (Skor 3)

Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) mitra.

Nah itulah  12 soal TWK CPNS nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar biar blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel