33 Contoh Kalimat Sanggahan Baik Dan Benar Dalam Bahasa Indonesia

Selain contoh kalimat persetujuan dan kalimat penolakan, ada lagi jenis kalimat yang bisa digunakan untuk menyampaikan pendapat yaitu kalimat sanggahan.

 Contoh Kalimat Sanggahan dalam Bahasa Indonesia 33 Contoh Kalimat Sanggahan Baik dan Benar dalam Bahasa Indonesia
Kalimat sanggah

Sebelum lanjut kepembahasan jangan lupa terlebih dahulu untuk berlanggang pada blog ini agar senantiasa mendapat informasi yang bermanfaat dan tentu update seputar CPNS dengan cara klik LINK ini.

Kalimat sanggah umumnya digunakan untuk menyanggah atau bahkan menolak ide dan gagasan ya sobat cendekiapedia. Secara lebih jelas, kalimat sanggahan diartikan sebagai kalimat yang digunakan untuk menolak suatu ide, gagasan, atau pendapat, akan tetapi disusun menggunakan kesan persetujuan.

Penyusanan kalimat dengan kesan setuju ini digunakan untuk memberikan konotasi sopan dan menghilangkan kata kasar. Kalimat sanggah terlihat dan terdengar lebih sopan jika ditulis dan lawan biacara. Dalam diskusi atau musyawarah kalimat sanggah sering sekali digunakan.

Kalimat sanggahan digunakan agar lawan bicara tidak akan merasa tersinggung dengan kesan penolakan yang kita ajukan. Kalimat sanggah tidak hanya berisi penolakan atas ide yang disampaikan, akan tetapi juga disertai dengan argumentasi yang mendukung penolakan tersebut.

Argumen atau alasan yang disertakan ini juga dapat memungkinkan penolakan untuk diterima. Ciri khas dari kalimat sanggahan adalah adanya kata-kata “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya.

Berikut merupakan pola kalimat sanggahan dalam Bahasa Indonesia.
1. Saya sangat mendukung keputusan Kepala Desa merenovasi mushola di kampung ini. Hal yang membuat saya resah yakni proses renovasi yang direncanakan menggunakan uang sumbangan seorang koruptor.
2. Kami sekeluarga memang menyetujui undangan ayah untuk pulang dari rumah sakit, namun sesungguhnya kami sangatlah khawatir dengan kondisi kesehatan beliau.
3. Bukannya saya tidak oke bahwa Bung Karno dan Bung Hatta yakni pahlawan yang berjasa untuk kemerdekaan Indonesia, akan tetapi para siswa harus juga dikenalkan terhadap jagoan lain yang juga turut andil dalam usaha kemerdekaan Indonesia.
4. Menurutku, hasil keputusan rapat hari ini sangatlah bijak. Akan tetapi keputusan itu kurang dijelaskan secara mendetail sehingga masih ada beberapa orang yang kurang paham.
5. Saya sepakat jikalau kemampuan akademik sangat berperan dalam kesuksesan seorang anak, namun berdasarkan saya pendidikan dan kemampuan agama lah yang memiliki andil besar dalam hidup anak.
6. Sejalan dengan keputusan rapat, menurut kami akan lebih baik jikalau ketua rapat menawarkan klarifikasi yang mendetail kepada kelompok bunyi minoritas supaya tidak ada perselisihan lagi nantinya.
7. Sebenarnya saya baiklah dengan pilihan desain dan warna perabotan rumah ini. Tetapi akan lebih baik jika semuanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah, bukan asal ambil keputusan.
8. Saya bukannya tidak setuju dengan pendapat kalian semua, akan tetapi pendapat kalian itu mirip meninggikan kelompok tertentu. Sebagai organisasi yang bertujuan membela masyarakat, akan lebih baik jika kita mempertimbangkan segala sesuatu dari berbagai pihak.
9. Bukannya tidak ada dana untuk pelaksanaan kegiatan ini, namun tolong diperiksa lagi rincian anggaran yang dikeluarkan. Kami melihat ada beberapa kegiatan yang tidak masuk nalar bila disesuaikan dengan dana yang dikeluarkan.
10. Pada dasarnya kami menyetujui ide dari ketua. Akan tetapi sangat penting untuk memasukkan nilai-nilai agama dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.
11. Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Bagus sangat memukau. Namun ada beberapa aspek evaluasi yang tidak diikutsertakan di dalamnya.
12. Saya sangat sependapat dengan ayah. Namun saya tidak baiklah dengan sikap ayah yang sewenang-wenang terhadap semua anggota keluarga.
13. Sebenarnya saya sepakat dengan aksi para warga untuk protes kepada para supir truk yang melewati jalan ini. Akan tetapi agresi itu seharusnya tidak anarkis dan malah merugikan warga yang lainnya.
14. Bukannya saya tidak oke untuk membatasi jam menonton TV untuk bawah umur, tetapi ada hal yang lebih penting. Hal itu yakni harus adanya kontrol dari orang tua ketika bawah umur menonton TV. Anak-anak tidak seharusnya ditinggal sendiri tanpa ada pengawasan dari orang bakir balig cukup akal.
15. Memang saya sependapat dengan aksi masyarakat mengecam terorisme, namun tidak seharusnya mereka menghakimi seseorang hanya dari penampilannya saja.
16. Saya memang menolak penggusuran ini, namun saya juga mendukung langkah pemerintah untuk menata ulang wilayah ini.
17. Saya memang kurang setuju jika santunan untuk korban bencana hanya difokuskan pada pakaian layak pakai. Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap mendapatkan jika ada penyumbang yang ingin menunjukkan pakaian tersebut. Walaupun begitu, akan lebih anggun jikalau kebutuhan lain seakan-akan susu, popok, dan air bersih juga diutamakan.
18. Sketsa wajah yang diberikan oleh korban perampokan sudah sangat jelas, namun sampai sekarang tidak ada orang yang pernah bertemu dengan orang tersebut.
19. Rangkuman bahan yang diberikan oleh Bu Dewi memang sangat lengkap, tetapi justru membuat kami bingung untuk mempelajari mana yang lebih penting.
20. Bagi saya matematika yaitu pelajaran yang gampang dipahami, akan tetapi tidak semua orang berpandangan sama mirip saya.
21. Pendalaman materi menjelang ujian nasional memang sangat penting, namun pengadaan pendalaman materi yang terlalu sering sanggup menjadi tidak efektif bagi para siswa.
22. Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai pemilih atau orang yang dipilih.
23. Baju Rani memang sangat indah dan modis, akan tetapi sangat tidak cocok untuk dikenakan dalam aktivitas santai seperti ini.
24. Kami memang setuju untuk pindah dari asrama ini sesuai kode kepala asrama, tetapi seharusnya pihak asrama memberikan klarifikasi kepada kami perihal alasan kami harus segera pindah.
25. Saya sejalan dengan pemikiran mengenai berpendapat yakni hak setiap orang, akan tetapi kita tetap harus memperhatikan batasan-batasan yang berlaku.
26. Saya memang menyetujui keputusan ibu untuk pisah rumah dengan bapak. Namun dalam hati, saya selalu bertanya-tanya apa yang melatarbelakangi keputusan ibu tersebut.
27. Bukannya saya tidak mau menurunkan ego, akan tetapi setiap orang di sini selalu memaksakan kehendak mereka masing-masing.

Dan sanggahan untuk seleksi CPNS

Seleksi CPNS 2019, peserta yang TMS pada saat seleksi administrasi juga diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan sobat . Seperti tertera diatas, sanggahan juga harus mengedapankan kesopanan dan juga kejujuran dalam memberikan sanggahan.

Sanggahan dalam seleksi CPNS juga harus berisi kalimat yang jelas, lugas, berdasarkan fakta dan tentunya tidak dengan kalimat bercanda, kotor ataupun juga menyakitkan hati tim verifikas. Bila kamu ingin sanggahannya diACC oleh admin.

Nah dan inilah beberapa rujukan sanggahan pada seleksi CPNS
28. Maaf untuk sebelumnya kepada tim verifikasi, tetapi saya ingin memberikan ketidak setujuan saya terhadap hasil seleksi manajemen, dimana dijelaskan bahwa dokumen yang diunggah tidak sebutkan orisinil atau tidaknya, jadi saya rasa walaupun dokumen tersebut berupa fotocopy tetapi lantaran terlegalisir jadi seharusnya sah dimata hukum, mohon untuk diverifikasi ulang.
29. Mohon atas kelancangan saya, tetapi IPA yang saya upload adalah 2.90 dan itu juga sesuai dengan IPK yang tertera pada transkip nilai S1 saya. Mohon untuk diverifikasi ulang, namun bisa saja itu kesalahan sistem sehingga terbaca 2.09, terima kasih.
30. Mohon maaf, mohon kembali dicek kualifikasi yang ada, sebab kualifikasi ijazah saya masih linear dengan kualifikasi yang disyaratkan.
31. Saya kurang oke pada hasil sekelsi saya, semua dokumen yang dipersyaratkan sudah saya kirim dalam format dan ukuran yang sudah ditentukan, saya yakin itu, tetapi kenapa ada salah satu keterangan dokumen yang kurang? Mohon untuk kembali verifikasi ulang dokumen saya, bisa saja ada kesalahan sistem.
32. Saya kurang sependapat dengan hasil seleksi manajemen saya, dalam lembar edaran CPNS pemda X/instansi X untuk penulisan surat lamaran tidak dijelaskan harus ditulis atau harus diketik. Kaprikornus mestinya surat yang saya upload itu sah-sah saja walaupun dengan tulisan tangan, dan yang terpentingkan sesuai format yang ada.
33. Mohon maaf bukan bermaksud lancang, tetapi saya ingin menyanggah hasil seleksi CPNS 2019, dimana status TMS saya akibat dokumen yang saya kirim yaitu surat dan pernyataan ada materai 6000, padahal diedaran tidak dituliskan wajib atau tidaknya. Makara bila saya memakai materai seharusnya tidak menyalahi aturan, mohon untuk dikoreksi kembali.

Dan ingat, sanggahan pada CPNS itu bersifat pembelaan bukan mengganti/merubah data yang salah dan sudah terlanjur diupload ya. Semoga sobat cendekiapedia semua sukses dan lancar, kemudian semoga goresan pena mas Hakim ini senantiasa bermanfaat bagi semua.

Untuk sementara Langit Senjaku blog pindah kemari, Langit Senjaku Simulasi CPNS, Langit Senjaku Soal CPNS, Langit Senjaku, Langit Senjaku CPNS, Langit Senjaku Blog, Langit Senjaku Soal TKB, Langit Senjaku Blogspot, Password Langit Senjaku, Simulasi CPNS Langit Senjaku Blog.

Penulis @hakimlfc13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel