Link Soal Twk Hots Lengkap Beserta Pembahasan

Dalam seleksi CPNS ada beberapa tahapan yang tentunya harus terlewati sobat , salah satunya adalah tes SKD yang terbagi kedalam 3 pokok pembahasan yaitu TWK, TIU dan TKP.

 Penjelasan TWK CPNS Link TWK HOTS CPNS Beserta Pembahasannya Link Soal TWK HOTS Lengkap Beserta Pembahasan
TWK CPNS

TWK sendiri merupakan istilah dari tes wawasan kebangsaan, dalam wawasan kebangsaan terdiri dari dua kata yaitu wawasan dan kebangsaan. Wawasan diartikan sebagai pandangan, tinjauan, dan penglihatan. Wawasan dapat pula diartikan sebagai cara untuk mengetahui dan mengartikan pengaruh-pengaruh yang terdapat dalam kehidupan berbangsa, serta menggambarkan cara pandang, cara tinjau dan cara lihat.

Kebangsaan berasal dari kata bangsa yang artinya kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, Bahasa, dan sejarah. Secara lebih luas kebangsaan dapat diartikan sebagai cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara atau kesadaran diri dan lingkungan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, guna mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan keamanan.

Wawasan kebangsaan dapat pula diartikan sebagai cara pandang, cara memahami, cara bersikap, cara bertindak, dan cara berfikir.
Jangan lupa untuk memfollow/mengikuti blog ini dengan cara KLIK LINK untuk senantiasa mendapatkan informasi terupdate.
Hal itu terkait dengan cara suatu bangsa dalam mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi, politik dan pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.

Makna wawasan kebangsaan bagi bangsa Indonesia adalah memberikan amanat kepada seluruh masyarakat agar menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi. Selain itu, dengan dilandasi Pancasila dan asas Bhinneka Tunggal Ika dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Adapun tes wawasan kebangsaan terkait erat dengan materi Pancasila, UUD 1945 , Bhinneka Tunggal ika, dan pengetahuan tentang NKRI yang merupakan dasar dalam wawasan kebangsaan. Materi tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengungkap kemampuan peserta tes CPNS terkait dengan wawasan kebangsaan.

A. Strategi Mengerjakan Tes Wawasan Kebangsaan

Untuk mengerjakan Tes Wawasan Kebangsaan, peserta perlu mempelajari kisi-kisi soal serta memperluas pengetahuan terkait materi soal yang akan diujikan. Tes Wawasan Kebangsaan meliputi Pancasila, Bhinneka Tunggal ika, UUD 1945, tata negara, sejarah Indonesia, pemerintab, dan pengetahuan umum.

Dengan mempelajari materi soal maka akan membuka peluang bagi peserta untuk mampu mengerjakan setiap soal. Mempelajari materi sesuai dengan kisi-kisi soal akan mempermudah cara belajar dan akan lebih memfokuskan diri pada soal-soal yang akan dikerjakan. 

Dengan demikian, dibutuhkan perpaduan antara mempelajari kisi-kisi atau materi soal dan berlatih mengerjakan soal Selain itu, soal-soal dalam tes Wawasan Kebangsaan terkait dengan berita atau peristiwa yang sedang hangat dikupas melalui media elektronik. Maka, perlu meng-update informasi terbaru melalui berbagai macam media massa.

B. Jenis Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Wawasan Kebangsaan sangat penting sebab merupakan tes untuk menilai penguasaan pengetahuan dalam memahami dan mengimplementasikan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang meliputi tes pengetahuan umum, sejarah indonesia, tata negara, dan kebijaksanaan pemerintah.

1. Tes Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, yang memiliki makna untuk mengatur pemerintahan dan negara, Pancasila ditetapkan menjadi dasar Republik Indonesia pada 18 Agustus 1945 saat Pembukaan dan Undang-Undang Dasar 1945 disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara. Secara yuridis konstitusional, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang menjadi cita-cita hukum serta sebagai norma hukum yang menguasai hukum dasar Negara Republik Indonesia dan dituangkandalam pasal-pasal UUD 1945.

Pancasila memiliki fungsi dan kedudukan sebagai kaidahnegara yang mendasar, bersifat tetap kuat, dapat diubah oleh siapa pun, termasuk oleh MPR maupun DPR. Penyebabnya ialah mengubah Pancasila berarti membubarkan Negara Republik Indonesia.

Semua hukum tertulis (undang-undang dasar), hukum tidak tertulis (konvensi), dan semua hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Negara Republik Indonesia bersumber dan berada di bawah pokok-pokok negara yang Pancasila, Sumber dasar adalah Pancasila sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dan Batang Tubuh UUD 1945 Bhinneka Tunggal Ika merupakan moto atau semboyan Indonesia, yang terdapat dalam Lambang Burung Garuda.

Kata bhinneka berarti beraneka ragam atau dalam bahasa Sanskerta berarti menjadi pembentuk kata aneka dalam Bahasa Indonesia. Secara harfiah, Bhinneka Tunggal ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu, yang bermakna meskipun berbeda-beda, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan". Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan.

2. Tes UUD 1945

Undang-undang dasar merupakan bagian dari hukum dasar yang tertulis. Selain itu, masih terdapat aturan-aturan lain yang tidak tertulis yang mengatur pemerintahan dan penyelenggaraan negara.

UUD 1945 memiliki sejarah panjang dalam penerapannya. UUD 1945 disahkan sebagai undang- undang dasar negara oleh (PPKI pada 18 Agustus 1945. Kemudian, sejak (27 Desember 1949, di Indonesia berlaku Konstitusi RIS dan sejak 17 Agustus 1950 di Indonesialberlaku UUDS 1950) Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kembali memberlakukan UUD 1945, dengan dikukuhkan secara aklamasi oleh DPR pada 22 Juli 1959.

Semenjak runtuhnya orde Baru, UUD 1945 mulai mengalami perubahan atau sering disebut dengan amandemen. Tercatat sudah empat kali mengalami perubahan, yaitu fperubahan pertama (19-10- 1999), perubahan kedua (18-08-2000), perubahan ketiga (10-10-2001) dan perubahan keempat (10- 08-2002)

3. Tes NKRI
Berdasarkan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

NKRI merupakan suatu negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme serta tekad masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negera yang sama meskipun tersusun dari keragaman agama, ras, etnik, dan budaya.

Nah bagi kamu yang mencari soal-soal TWK CPNS, mas Hakim akan membagikan linknya kepada semua sobat yang tercinta. Dimana nanti kalian tinggal klik saja link dibawah ini dan akan diarahkan kehalaman filenya.
  1. Paket Soal TWK
  2. Soal TWK HOTS
  3. 3 Paket Lengkap TWK
  4. Ebook TWK
  5. TWK Sejarah
  6. Dan lengkap lainnya
  7. Ratusan Ebook CPNS
Sekian dulu sobat cendekiapedia atas pembahasan TWK dan link soalnya, jangan lupa untuk terus ramaikan blog ini agar mas Hakim senantiasa semangat untuk menulis dan menyajikan konten kepada sobat semuanya.

Penulis @hakimlfc13

  • twk tiu tkp artinya
  • kepanjangan twk tiu tkp dalam tes cpns
  • teladan soal twk tiu tkp pdf
  • standar nilai twk tiu tkp
  • standar nilai twk tiu tkp 2019
  • tkp yaitu
  • tkp cpns
  • materi twk tiu dan tkp
  • teladan soal twk tiu tkp pdf
  • standar nilai twk tiu tkp
  • tkp ialah tes
  • tkp stan adalah
  • soal soal cat skd
  • tes intelegensi umum cpns 2018
  • pg tiu twk tkp
  • soal tkp teknologi
  • standar twk tiu tkp
  • tkp 143
  • soal twk pikiran sehat
  • twk tiu tkp stan
  • apa itu ujian cat skd
  • tkd twk
  • kepanjangan dari skd
  • acuan soal cpns 2019 pdf
  • rujukan soal tiu
  • soal twk yang sering muncul
  • soal tiu yang sering muncul
  • pola soal tkp

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel