Contoh Soal Un Usbn Sd Matematika 2019 2020 Kurikulum 2013
Contoh soal un usbn matematika kelas 6 sd 2019/2020 kurikulum 2013 kali ini blog honorer brilian membagikan contoh soal ujian nasional kelas 6 sd mata pelajaran matematika Sebelumnya kali sudah memberikan prediksi soal un ipa, prediksi soal un bahasa Indonesia, dan kali ini adalah contoh soal un sd matematika 2020 untuk tingkat satuan sekolah dasar.
Soal UN SD Matematika, maksud USBN adalah singkatan dari Ujian Sekolah Berbasis Nasional yang dulunya dikenal dengan UN atau Ujian Nasional. Perubahan nama ini dilakukan oleh kemendikbud pada tahun 2018. Kemendikbud melakukan Ujian Nasional di setiap tingkat akhir satuan pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswanya dalam mengerjakan soal-soal UN. Ini juga dimaksudkan untuk mengetahui daerah-daerah mana yang masih tertinggal atau nilai Ujian Nasionalnya masih rendah, sehingga kemendikbud bisa memaksimalkan lagi daerah-daerah yang tertinggal pendidikannyA)
Soal UN SD Matematika 2020 ini kami berikan untuk peserta didik untuk belajar dan berlatih dirumahnya, agar terbiasa mengerjakan soal-soal setingkat ujian nasional, sehingga dapat hasil yang maksimal ketika ujian sekolah berbasis nasional berlangsung nanti. Orang tua juga dapat mengambil contoh soal un sd ini untuk diberikan kepada anak nya sebagai media berlatih, karena latihan soal un sd matematika ini sudah disertakan kunci jawabannya, sehingga memudahkan orang tua siswa dalam mengkoreksi pengerjaan anaknyA)
UN SD Matematika 2019/2020 sudah kami sediakan di halaman bawah, sehingga dapat memudahkan guru / orang tua siswa dalam mengambil contoh soal ujian nasional ini. Bentuk soal yang kami sediakan adalah berbentuk pilihan ganda, uraian dan essay.
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan cacah.
1) Pak Yono memiliki 4 buah kandang bebek. Setiap kandang berisi 25 ekor bebek dan 15 di antaranya merupakan bebek betinA) Pada suatu hari semua bebek betina yang bertelur masing-masing 1 butir. Berapa banyak telur dimuat setiap wadah Jika telur-telur itu ditempatkan dalam 5 wadah secara merata?
A) 10 butir
B) 11 butir
C) 12 butir
D) 13 butir
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perbandingan.
2) Pada sebuah foto yang berskala 1 : 123, tampak maman dan sebuah menarA) Jika pada foto itu selisih ketinggian maman dengan menara 8 cm dan ketinggian maman 3 cm. Berapakah ketinggian menara sebenarnya?
A) 13.530 m
B) 1.353 m
C) 135,3 m
D) 13,53 m
LEVEL KOGNITIF: penalaran
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan perbandingan.
3) Perbandingan harga bawang putih dengan harga bawang merah yaitu 5 : 7. sedangkan, perbandingan harga bawang bombay dengan harga bawang merah adalah 3 : 2. Selisih harga bawang bombay dan harga bawang merah Rp4.200,00. Berapakah jumlah harga bawang merah dan harga bawang putih semuanya?
A) Rp14.400,00
B) Rp16.500,00
C) Rp18.000,00
D) Rp21.000,00
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang waktu, jarak, dan kecepatan.
4) Pak Afif mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jika Pak Afif berangkat dari rumah pada pukul 07.15 dan sampai di tempat kerja pada pukul 07.30, maka jarak antara rumah Pak Afif dan tempat kerja adalah ... km.
A) 10
B) 12
C) 13
D) 15
LEVEL KOGNITIF: penalaran
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
5) Roni mengendarai sepeda motor dari kota P ke kota Q dengan kecepatan 63 km/jam, sedangkan Risa mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 57 km/jam dari kota Q ke kota P. Jarak kota P ke Q adalah 330 km. Jika mereka berangkat pukul 05.35, pukul berapa mereka akan berpapasan?
A) 07.45
B) 08.00
C) 08.20
D) 08.35
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang satuan panjang.
6) Putri mengendarai sepeda motor ke pasar yang berjarak 15 km, kemudian ke SPBU dengan jarak 12.750 m. Setelah itu, ia pergi ke rumah neneknya yang berjarak 425 hm. Jarak yang ditempuh putri seluruhnya adalah ....
A) 70,25 km
B) 702,5 km
C) 7.025 km
D) 70.250 km
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang satuan volume.
7) Seorang yang berjualan bensin eceran menyimpan bensinnya kedalam tiga buah buah drum yang masing- masing berisi 0,25 m3, 80 liter, dan 135.000 cm3. Lalu bensin tersebut akan dipindahkan ke dalam botol yang berukuran 1,5 liter. Berapakah botol yang dibutuhkan dalam menampung seluruh bensinya?
A) 265 buah
B) 290 buah
C) 310 buah
D) 340 buah
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan satuan waktu.
8) Yuni bekerja di tempat sebuah Laundry pada pagi hari selama 4 jam 50 menit 15 detik dan setelah itu pada siang hari 3 jam 35 menit 59 detik, sedangkan meli bekerja di sebuah toko rotinya pada pagi hari selama 3 jam 30 menit 35 detik dan sewaktu siang hari selama 3 jam 21 menit 35 detik. Berapakah Selisih lama waktu untuk bekerja Yuni dan Meli pada hari tersebut adalah ....
A) 1 jam 22 menit 12 detik
B) 1 jam 26 menit 4 detik
C) 1 jam 32 menit 12 detik
D) 1 jam 34 menit 4 detik
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan satuan berat.
9) Sebuah truk yang mengangkut 3 ekor kambing dan 2 ekor sapi. Lalu berat sapi yang pertama adalah
10,198 ton dan sapi yang kedua adalah 25 kuintal. Jika muatan truk seluruhnya yaitu 0,514 ton, berapakah berat rata-rata untuk setiap kambing didalam truk tersebut?
A) 28 kg
B) 30 kg
C) 32 kg
D) 35 kg
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang sifat-sifat bangun datar.
10) Perhatikan sifat-sifat bangun datar yang ada di bawah ini!
1. sepasang sisinya yang sejajar dan sepasang sisi yang lain sama panjang
2. mempunyai 2 buah simetri lipat
3. mempunyai dua buah pasang sudut yang sama besar
4. kedua diagonalnya yang sama panjang
5. keempat sudutnya yang siku-siku
Sifat-sifat di atas yang dimiliki oleh trapesium sama kaki adalah ....
A) 1,2,dan3
B) 1,3,dan4
C) 2,3,dan4
D) 2,3,dan5
UN SD Matematika
UN Sekolah Dasar Matematika 2020
USBN SD Matematika
Demikian teladan soal un sd yang dapat blog honorer brilian bagikan untuk adik semuA) Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan terima kasih telah mengunjungi artikel contoh soal un sd matematika 2020
SOAL UN SD MATEMATIKA
Soal UN SD Matematika, maksud USBN adalah singkatan dari Ujian Sekolah Berbasis Nasional yang dulunya dikenal dengan UN atau Ujian Nasional. Perubahan nama ini dilakukan oleh kemendikbud pada tahun 2018. Kemendikbud melakukan Ujian Nasional di setiap tingkat akhir satuan pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswanya dalam mengerjakan soal-soal UN. Ini juga dimaksudkan untuk mengetahui daerah-daerah mana yang masih tertinggal atau nilai Ujian Nasionalnya masih rendah, sehingga kemendikbud bisa memaksimalkan lagi daerah-daerah yang tertinggal pendidikannyA)
Soal UN SD Matematika 2020 ini kami berikan untuk peserta didik untuk belajar dan berlatih dirumahnya, agar terbiasa mengerjakan soal-soal setingkat ujian nasional, sehingga dapat hasil yang maksimal ketika ujian sekolah berbasis nasional berlangsung nanti. Orang tua juga dapat mengambil contoh soal un sd ini untuk diberikan kepada anak nya sebagai media berlatih, karena latihan soal un sd matematika ini sudah disertakan kunci jawabannya, sehingga memudahkan orang tua siswa dalam mengkoreksi pengerjaan anaknyA)
CONTOH SOAL UN Sekolah Dasar MATEMATIKA
Contoh Soal UN SD Matematika ini juga bisa digunakan oleh guru kelas 6, sebagai bahan pengayaan yang diadakan di sekolahnyA) Karena soal un sd ini sudah kami standarkan materinya berdasarkan kisi-kisi UN mata pelajaran matematika yang telah dikeluarkan oleh kemendikbuD) Semoga nanti siswa-sisiwi nya bisa mendapatkan nilai yang cukup baik untuk hasil USBN nanti khususnya pelajaran matematikA)UN SD Matematika 2019/2020 sudah kami sediakan di halaman bawah, sehingga dapat memudahkan guru / orang tua siswa dalam mengambil contoh soal ujian nasional ini. Bentuk soal yang kami sediakan adalah berbentuk pilihan ganda, uraian dan essay.
SOAL USBN SD MATEMATIKA
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan cacah.
1) Pak Yono memiliki 4 buah kandang bebek. Setiap kandang berisi 25 ekor bebek dan 15 di antaranya merupakan bebek betinA) Pada suatu hari semua bebek betina yang bertelur masing-masing 1 butir. Berapa banyak telur dimuat setiap wadah Jika telur-telur itu ditempatkan dalam 5 wadah secara merata?
A) 10 butir
B) 11 butir
C) 12 butir
D) 13 butir
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perbandingan.
2) Pada sebuah foto yang berskala 1 : 123, tampak maman dan sebuah menarA) Jika pada foto itu selisih ketinggian maman dengan menara 8 cm dan ketinggian maman 3 cm. Berapakah ketinggian menara sebenarnya?
A) 13.530 m
B) 1.353 m
C) 135,3 m
D) 13,53 m
LEVEL KOGNITIF: penalaran
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan perbandingan.
3) Perbandingan harga bawang putih dengan harga bawang merah yaitu 5 : 7. sedangkan, perbandingan harga bawang bombay dengan harga bawang merah adalah 3 : 2. Selisih harga bawang bombay dan harga bawang merah Rp4.200,00. Berapakah jumlah harga bawang merah dan harga bawang putih semuanya?
A) Rp14.400,00
B) Rp16.500,00
C) Rp18.000,00
D) Rp21.000,00
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang waktu, jarak, dan kecepatan.
4) Pak Afif mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jika Pak Afif berangkat dari rumah pada pukul 07.15 dan sampai di tempat kerja pada pukul 07.30, maka jarak antara rumah Pak Afif dan tempat kerja adalah ... km.
A) 10
B) 12
C) 13
D) 15
LEVEL KOGNITIF: penalaran
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
5) Roni mengendarai sepeda motor dari kota P ke kota Q dengan kecepatan 63 km/jam, sedangkan Risa mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 57 km/jam dari kota Q ke kota P. Jarak kota P ke Q adalah 330 km. Jika mereka berangkat pukul 05.35, pukul berapa mereka akan berpapasan?
A) 07.45
B) 08.00
C) 08.20
D) 08.35
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang satuan panjang.
6) Putri mengendarai sepeda motor ke pasar yang berjarak 15 km, kemudian ke SPBU dengan jarak 12.750 m. Setelah itu, ia pergi ke rumah neneknya yang berjarak 425 hm. Jarak yang ditempuh putri seluruhnya adalah ....
A) 70,25 km
B) 702,5 km
C) 7.025 km
D) 70.250 km
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang satuan volume.
7) Seorang yang berjualan bensin eceran menyimpan bensinnya kedalam tiga buah buah drum yang masing- masing berisi 0,25 m3, 80 liter, dan 135.000 cm3. Lalu bensin tersebut akan dipindahkan ke dalam botol yang berukuran 1,5 liter. Berapakah botol yang dibutuhkan dalam menampung seluruh bensinya?
A) 265 buah
B) 290 buah
C) 310 buah
D) 340 buah
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan satuan waktu.
8) Yuni bekerja di tempat sebuah Laundry pada pagi hari selama 4 jam 50 menit 15 detik dan setelah itu pada siang hari 3 jam 35 menit 59 detik, sedangkan meli bekerja di sebuah toko rotinya pada pagi hari selama 3 jam 30 menit 35 detik dan sewaktu siang hari selama 3 jam 21 menit 35 detik. Berapakah Selisih lama waktu untuk bekerja Yuni dan Meli pada hari tersebut adalah ....
A) 1 jam 22 menit 12 detik
B) 1 jam 26 menit 4 detik
C) 1 jam 32 menit 12 detik
D) 1 jam 34 menit 4 detik
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikatornya yaitu: eserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan satuan berat.
9) Sebuah truk yang mengangkut 3 ekor kambing dan 2 ekor sapi. Lalu berat sapi yang pertama adalah
10,198 ton dan sapi yang kedua adalah 25 kuintal. Jika muatan truk seluruhnya yaitu 0,514 ton, berapakah berat rata-rata untuk setiap kambing didalam truk tersebut?
A) 28 kg
B) 30 kg
C) 32 kg
D) 35 kg
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikatornya yaitu: Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang sifat-sifat bangun datar.
10) Perhatikan sifat-sifat bangun datar yang ada di bawah ini!
1. sepasang sisinya yang sejajar dan sepasang sisi yang lain sama panjang
2. mempunyai 2 buah simetri lipat
3. mempunyai dua buah pasang sudut yang sama besar
4. kedua diagonalnya yang sama panjang
5. keempat sudutnya yang siku-siku
Sifat-sifat di atas yang dimiliki oleh trapesium sama kaki adalah ....
A) 1,2,dan3
B) 1,3,dan4
C) 2,3,dan4
D) 2,3,dan5
Download Contoh Soal UN SD Matematika
REKOMENDASI KAMI :
Latihan Soal UN USBN SD Bahasa Indonesia 2020 Kurikulum 2013
Latihan soal UN USBN IPA Kelas 6 Sekolah Dasar 2020 Beserta Pembahasannya
Latihan Soal UN USBN SD Bahasa Indonesia 2020 Kurikulum 2013
Latihan soal UN USBN IPA Kelas 6 Sekolah Dasar 2020 Beserta Pembahasannya
UN SD Matematika
UN Sekolah Dasar Matematika 2020
USBN SD Matematika
Demikian teladan soal un sd yang dapat blog honorer brilian bagikan untuk adik semuA) Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan terima kasih telah mengunjungi artikel contoh soal un sd matematika 2020