Latihan Soal Un Usbn Ipa Kelas 6 Sd 2020 Beserta Pembahasannya

Latihan soal UN USBN IPA Kelas 6 SD 2020 Beserta Pembahasannya Kurikulum 2013 USBN atau  Ujian Nasional Berstandar Nasional USBN adalah kegiatan evaluasi pada kelas 6 sd kurikulum 2013 yang diberikan oleh kementrian kemendikbud untuk mengukurhasil pencapaian kompetensi peserta didik di sekolah yang dilakukan di satuan pendidikan sekolah dasar, dengan mengacu pada Minimum Standar Kompetensi Kelulusan untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa di sekolahnya.

LATIHAN SOAL USBN IPA Sekolah Dasar 2020

 Ujian Nasional Berstandar Nasional USBN adalah kegiatan evaluasi pada kelas  Latihan soal UN USBN IPA Kelas 6 SD 2020 Beserta Pembahasannya
SOAL UN SD IPA 2020 KURIKULUM 2013

Latihan Soal USBN IPA SD ini diberikan untuk berlatih dan belajar guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik ketika Ujian Nasional tiba. USBN tahun pelajaran 2019/2020 akan diselenggarakan dengan menggunakan kurtilas ( kurikulum 2013 ) ataupun KTSP ( Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan ) yang mengacu pada permendikbud nomor 4 tahun 2018 mengenai Penilaian hasil belajar siswa oleh satuan pendidikan disekolah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.


Soal UN IPA SD ini bisa juga digunakan oleh guru sebagai acuan latihan pembelajaran siswanya dalam program pengayaan di sekolahnya. USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun pelajaran 2019/2020 akan dilaksanakan pada bulan maret / mei tahun 2020.

Latihan Soal USBN IPA Kelas 6 SD ini dikhususkan untuk berlatih dan belajar siswa kelas 6 karena akan mendekati Ujian Nasional. Peserta didik yang berhak ikut dalam USBN adalah siswa yang belajar pada tahun akhir di satuan pendidikan SD ( Sekolah Dasar ) / MI ( Madrasah Ibtidaiyah ) serta SD Luar Biasa ( Tunarungu, tunanetra, Tunadaksa, dan juga tunalaras ).

SOAL UN IPA SD KELAS 6 2020

Latihan Soal USBN SD IPA ini juga bertujuan untuk agar peserta didik mengetahui jenis soal seperti apa ketika ujian nasional berlangsung nanti. Adapun tujuan diadakannya USBN yakni :
a) USBN bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan di sekolah dasar untuk mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia dan juga ipa, dengan mengacu pada KSL untuk memperoleh pengakuan mampu atas prestasi belajar dirinya.
b) USBN digunakan sebagai sub system dari penilaian dalam SNP ( Standar Nasional Pendidikan ) yang penjadi salah satu tolak ukur kemendikbud dalam pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
c) USBN digunakan juga untuk meningkatan mutu ujian pada tingkat sekolah dasar.
d) UN bertujuan untuk meningkatkan komptensi guru atau pendidik dalam melakukan penilaian siswanya, khususnya dalam kemampuan pengembangan soal-soal ujian di sekolah dasar.

Download Latihan Soal USBN IPA SD juga sudah kami sediakan dibawah untuk soal yang lebih lengkap berserta kunci jawabannya. Latihan soal UN IPA SD pada blog ini hanya contoh soal UN yang ada pada link download latihan soal un ipa sd yang ada dibawah.

Soal UN SD IPA 2020 yang ada di blog ini sudah di rancang sedemikian rupa berdasarkan kisi-kisi mata pelajaran IPA yang mengacu pada kurtilas yang telah dipelajari di sekolah. Berikut adalah UN IPA SD Kurtilas :

SOAL UN IPA SD 2020

2. Hubungan antar makhluk hidup yang membentuk simbiosis komensalisme adalah ….
A. Raflesia menempel pada inangnya
B. Benalu hidup menempel pada pohon manga
C. Tali putri menempel pada tumbuhan teh-tehan
D. Tumbuhan sirih merambat pada pohon kelor

3. Keberadaan pohon nangka di wilayah Yogyakarta semakin berkurang. Penyebab berkurangnya tumbuhan
tersebut adalah ….
A. Perkembangbiakannya mudah
B. Buahnya banyak dikonsumsi manusia
C. Daunnya banyak dijadikan pakan ternak
D. Banyak ditebang untuk bahan bangunan

4. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Pada hari Minggu, Wayan pergi ke sawah di belakang rumahnya. Dia melihat banyak tanaman dan hewan di sawahnya. Di sana dia melihat tanaman padi yang mulai menguning dan berbagai jenis hewan antara lain belalang, burung pipit, katak, ikan mujair, dan burung bangau.
Berdasarkan ilustrasi di atas, rantai makanan yang dapat terbentuk adalah …
A. Tanaman padi => belalang =>mujair=> burung pipit=> burung bangau
B. Tanaman padi =>belalang =>burung pipit =>ular =>burung bangau
C. Tanaman padi =>ikan mujair =>ular =>burung bangau
D. Tanaman padi => belalang=> ikan mujair=> ular =>burung bangau

5. Sebuah bioma didominasi oleh batu dan pasir, memiliki curah hujan yang sangat rendah yaitu kurang dari 250 mm/tahun. Keadaan tanahnya sangat tandus dan tidak dapat menyimpan air. Perubahan suhu yang sangat ekstrim yaitu mencapai 60˚C pada siang hari dan 0˚C pada malam hari. Air tanah yang tersedia cenderung berasa asin karena mineral garam tidak mengalami pencucian oleh drainase maupun air hujan.
Jenis tumbuhan yang dapat beradaptasi pada bioma tersebut adalah ….
A. Kelapa sawit
B. Pohon pinus
C. Pohon kaktus
D. Pohon jati

7. Pada suatu ekosistem kebun terdapat tanaman tomat, ulat, dan ayam. Kemudian datang segerombolan musang sebagai predator.
Perkembangan yang akan terjadi pada ekosistem tersebut adalah ….
A. Tanaman tomat meningkat, populasi ulat dan ayam menurun
B. Populasi ulat menurun, tanaman tomat dan ayam menurun
C. Tanaman tomat turun, populasi ulat dan ayam meningkat
D. Populasi ulat meningkat, tanaman tomat dan ayam menurun

8. Perhatikan ilustrasi berikut!
Beni dan keluarganya hidup di daerah perkotaan. Mereka tinggal di daerah pemukiman padat penduduk. Banyak sampah rumah tangga yang dihasilkan di daerah tersebut. Tempat sampah tidak mampu menampung seluruh sampah, sehingga akhirnya mereka membuangnya ke sungai.
Berdasarkan ilustrasi di atas, dampak yang terjadi akibat pembuangan sampah ke sungai bagi lingkungan adalah
….
A. Penduduk di sekitar aliran sungai dapat terkena banjir
B. Suhu udara meningkat karena adanya pembusukan sampah dalam sungai
C. Polusi air karena adanya gas yang dihasilkan oleh sampah
D. Tumbuhan air tumbuh subur sehingga ikan di sungai banyak mati

29. Yudi memiliki sebuah paku besi dan juga satu magnet batang. Paku itu akan dibuat sebuah magnet dengan cara
induksi. Cara yang dilakukan Yudi adalah …
A. Mendekatkan salah satu ujung paku ke salah satu kutub magnet
B. Mendekatkan salah satu ujung paku di bagian tengah batang magnet
C. Menempelkan salah satu kutub magnet pada dua ujung paku secara bergantian
D. Menempelkan dua buah kutub magnet secara bergantian di salah satu ujung paku

30. Penggunaan tenaga surya untuk lampu penerangan jalan dilakukan dengan cara ….
A. Panas matahari => ditangkap sel surya => diubah menjadi energi listrik => menyalakan lampu
B. Cahaya matahari => ditangkap aerogenerator => diubah menjadi energi listrik => menyalakan lampu
C. Panas matahari => ditangkap transformator => diubah menjadi energi listrik => menyalakan lampu
D. Cahaya matahari => ditangkap sel surya => diubah menjadi energi listrik => menyalakan lampu

31. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Saklar S₁ dan S₂ dapat ditutup atau dibuka yang menyebabkan lampu-lampu pada rangkaian padam atau menyala. Pernyataan yang benar tentar saklar S₁ dan S₂ serta kondisi lampu-lampu dalam rangkaian listrik tersebut adalah ….
Saklar S₁ Saklar S₂ L₁ L₂ L₃ L₄ L₅ L₆
A Ditutup dibuka menyala menyala padam padam padam Padam
B Ditutup Dibuka Menyala Menyala Padam Menyala Menyala Menyala
C Dibuka Ditutup Padam Padam Menyala Menyala Padam Padam
D Dibuka Ditutup menyala menyala padam padam padam padam

DOWNLOAD LATIHAN SOAL USBN IPA SD 2020

Berikut adalah Link Download Latihan Soal UN IPA Sekolah Dasar 2020 Kurikulum 2013 Berserta Pembahasannya
Download Latihan Soal USBN IPA SD 2020 Kurikulum 2013
Download Kunci Jawaban Latihan SOAL UN IPA SD Kelas 6 Kurikulum 2013
Download Latihan Soal UN IPA SD 2020 Kelas 6 Kurikulum 2013

Sekian, akhir kata dari blog latihan soal usbn. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih telah mengunjungi halaman artikel Latihan Soal USBN SD 2020 Kurikulum 2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel