[Draf] Instrumen Akreditasi (Iasp) Sd-Mi Smp-Mts Sma-Ma Tahun 2020

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020 masih bersifat draft, artinya belum final dan disahkan secara resmi. Namun, Isntrumen akreditasi tahun 2020 dipastikan akan mengalami pembaharuan paradigma dalam pelaksanaan Akreditasi di Sekolah/Madrasah tahun 2020.

Paradigma tersebut diharapkan mampu memperbaiki serta meningkatkan kualitas akreditasi serta tetap memperhatikan standar nasional pendidikan. Paradigma baru memberi penekanan kepada mutu lulusan, mutu guru dan manajemen sekolah/madrasah.

Mutu lulusan, merupakan hasil dari proses pembelajaran bermutu, guru yang bermutu, serta didukung oleh manajemen yang bagus. Sehingga paradigma Akreditasi dari compliance ke performance; dari  rules ke principles.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah

Sedangkan Visitasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

 artinya belum final dan disahkan secara resmi [Draf] Instrumen Akreditasi (IASP) SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020

Paradigma Baru IASP Tahun 2020


Instrumen Akreditasi untuk jenjang SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020 mengalami perubahan serta pergeseran paradigma, asumsi utama paradigma IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Perpindahan dari compliance ke performance, dari rules ke principles dengan tetap mempertimbangkan SNP.
  2. Penekanan diberikan kepada mutu lulusan, prosespembelajaran, mutu guru, dan administrasi sekolah.
  3. Mutu lulusan merupakan produk dari proses pembelajaran, guru, yang didukung oleh  administrasi yang efektif dan efisien.

Indikator Compliance dibagi kedalam 2 jenis, dua jenis tersebut adalah sebagai berikut::

  1. Indikator Compliance Mutlak (ICM): Indikator ini MUTLAK HARUS dipenuhi  oleh Sekolah/Madrasah sebelum dilakukan proses audit DIA. Sekolah/Madrasah yang berdasarkan data  tidak memenuhi Indikator Compliance Mutlak/ICM, maka tidak menjadi sasaran akreditasi. Harapannya,  sekolah yang telah memenuhi Indikator Compliance Mutlak/ICM, setelah divisitasi oleh asesor tidak  menghasilkan kriteria TT (Tidak Terakreditasi), meskipun masih mungkin saja  terjadi.
  2. Indikator Compliance Relatif (ICR): Indikator ini menjadi bagian dari sistim  skoring seperti indikator performance, tetapi didasarkan data sekunder. Skor  Indikator Compliance Relatif (ICR) akan berkontribusi terhadap skor akhir dalam penentuan hasil akreditasi  Sekolah/Madrasah. Skoring Indikator Compliance Relatif (ICR) dilakukan secara sistem berdasarkan data  sekunder/dokumen.

Download DRAFT Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020


Berikut merupakan draft Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 yang masih belum disahkan secara resmi oleh Kemendikbud, namun mampu diunduh dan dipelajari sebagai langkah persiapan bagi Sekolah/Madrasah yang akan melaksanakan visitasi pada tahun 2020. Silahkan unduh melalui tautan-tautan berikut ini:
  1. Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SD/MI Download
  2. Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMP/MTs Download
  3. Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMA/MA Download
  4. Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMK Download

Download Presentasi IASP Tahun 2020 pada link download dibawah ini:

  1. Presentasi IASP Tahun 2020 Download
  2. Presentasi Paradigma Baru IASP Tahun 2020 Download

Demikianlah informasi tentang Instrumen Akreditasi (IASP) SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020, agar dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel