Download Kma Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pai Dan Bahasa Arab

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah diatur melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019.

Dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah ini, maka KMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

KMA No 183 Tahun 2019 ini mengatur tentang teknis penerapan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Sehingga setiap madrasah diharapkan dapat menyesuaikan dengan KMA 183 Tahun 2019 ini.

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah diatur melalui Keputusan Menteri Agama  Download KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab

Kurikulum pendidikan agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah merupakan acuan dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada madrasah.

Baca Juga: Persyaratan Kepala Madrasah sesuai PMA No 24 Tahun 2018

Prinsip-prinsip utama dalam pedoman ini digunakan satuan pendidikan madrasah untuk mengembangkan isi pembelajaran, proses dan penilaian pembelajaran, pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan, pemenuhan sarana prasarana, pengembangan sistem penglolaan dan biaya operasional.

Baca Juga: Pedoman Pelajaran Informatika SD/MI, SMP/MTs, Sekolah Menengan Atas/MA Tahun 2019

Sebagai pedoman berlaku secara nasional yang bersifat minimal dan fleksibel, maka satuan pendidikan madrasah dapat mengembangkan sesuai kondisi dan kebutuhan dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Aturan Jumlah Rombel dan Siswa pada Madrasah

Inovasi dan fleksibelitas implementasi pedoman oleh satuan pendidikan madrasah harus diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan madrasah dengan menjadikan peserta didik sebagai fokus utama tujuan implementasinya.

Ruang lingkup kurikulum PAI dan Bahasa Arab madrasah meliputi:
  1. Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab;
  2. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab;
  3. Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab;
  4. Penilaian PAI dan Bahasa Arab; dan
  5. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan bahasa Arab pada madrasah.

Standar Kompetensi Lulusan PAI dan Bahasa Arab


Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Dimensi
Kualifikasi/Kemampuan
Sikap
Memiliki sikap yang mencerminkan  sikap: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkarakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab, pembelajar sejati sepanjang hayat, serta sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak  di  lingkungan  keluarga,  madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Pengetahuan
Memiliki  pengetahuan  faktual,  konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni,  dan  budaya.  Mampu  mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, berdikari, kolaboratif, dan komunikatif, melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan.


Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Dimensi
Kualifikasi/Kemampuan
Sikap
Memiliki  sikap  yang  mencerminkan  sikap: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkarakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab, pembelajar sejati sepanjang hayat, serta sehat jasmani dan rohani, sesuai dengan perkembangan anak  di  lingkungan  keluarga,  madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
Pengetahuan
Memiliki  pengetahuan  faktual,  konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan  bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara berdikari.

Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Aliyah (MA)
Dimensi
Kualifikasi/Kemampuan
Sikap
Memiliki  perilaku  yang  mencerminkan  sikap: beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  YME, berkarakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab, pembelajar  sejati  sepanjang  hayat,  serta  sehat jasmani dan rohani, sesuai dengan perkembangan anak  di  lingkungan  keluarga,  madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.
Pengetahuan
Memiliki  pengetahuan  faktual,  konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas  dalam  konteks  din  sendiri,  keluarga, madrasah,  masyarakat  dan  lingkungan  alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional.
Keterampilan
Memiliki  keterampilan  berpikir  dan  bertindak: kreatif, produktif, kritis, mampu berdiri diatas kaki sendiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan  dari  yang  dipelajari  di  satuan pendidikan dan sumber lain secara berdikari.

Untuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019, silahkan mengunduh melalui link dibawah ini.

Download KMA Nomor 183 Tahun 2019


Bapak/Ibu yang menghendaki mengunduh KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, silahkan mengunduhnya melalui tautan berikut ini >> KMA Nomor 183 Tahun 2019 [ 36 Mb ].

Baca Juga: KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Implementasi Kurikulum Pada Madrasah

Baca Juga: Struktur Kurikulum MI MTs dan MA sesuai KMA 184 Tahun 2019

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah dimaksudkan sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah.

Demikianlah informasi tentang KMA Nomor 183 Tahun 2019 Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, agar memperlihatkan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel